TNI Buka Suara soal Dugaan Anggota Terlibat Kebakaran Rumah Wartawan

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 02 Jul 2024 17:51 WIB

TNI Angkatan Darat buka bunyi soal dugaan keterlibatan personil dalam kebakaran rumah milik Sempurna Pasaribu, wartawan media Tribrata TV di Kabupaten Karo. Ilustrasi.TNI Buka Suara soal Dugaan Anggota Terlibat Kebakaran Rumah Wartawan. (istockphoto/da-kuk).

Jakarta, CNN Indonesia --

TNI Angkatan Darat (TNI AD) buka bunyi soal dugaan keterlibatan personil dalam kebakaran rumah milik Sempurna Pasaribu, wartawan media tribrata tv di Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo.

Dalam kejadian itu, empat orang tewas terbakar ialah Sempurna Pasaribu (40), istrinya Eprida Br Ginting (48), anaknya Sudiinveseti Pasaribu (12) dan cucunya berjulukan Lowi Situngkir (3).

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat Brigjen Kristomei Sianturi mengatakan jika memang ada bukti keterlibatan anggota, peristiwa itu bisa dilaporkan ke Polisi Militer

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jika memang ada bukti nan menunjukkan keterlibatan personil dalam kebakaran itu silakan dilaporkan dan diserahkan ke Polisi Militer untuk diproses hukum," kata Kristomei saat dihubungi, Selasa (2/7).

Ia mengatakan pihaknya selalu merespons indikasi nan dilaporkan dan mengecek kebenaran setiap info nan diberikan.

Namun, Kristomei meminta dugaan keterlibatan itu dilengkapi bukti pendukung, tidak sekadar rumor.

"Kami terbuka dan sangat berterima kasih andaikan ada masyarakat nan mempunyai bukti keterlibatan personil TNI AD dalam pelanggaran norma tersebut. Justru itu membantu tugas kami dalam penyelidikan masalah tersebut nantinya," katanya.

Ia menegaskan proses norma bakal ditegakkan jika memang personil terlibat dalam peristiwa itu.

"Jika betul terbukti, pasti bakal kita proses norma sesuai peraturan dan perundangan nan berlaku," ujarnya.

Dalam rilis nan dikeluarkan Dewan Pers hari ini, Tim pencari kebenaran dari Komisi Keselamatan Jurnalis (KKJ) Sumut nan terdiri dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan, Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI) Sumut, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI), Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan, disebut telah melakukan verifikasi dan pendalaman kasus kebakaran.

Dari hasil investigasi ditemukan sejumlah fakta, bahwa kasus kebakaran nan menewaskan 4 orang itu terjadi setelah korban memberitakan pertaruhan nan ada di Jalan Kapten Bom Ginting, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatra Utara dan diduga kuat melibatkan oknum TNI.

(yoa/ugo)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional