TNI Kerahkan Pasukan 3 Matra untuk Amankan Pelantikan Prabowo

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 11 Okt 2024 19:00 WIB

Mabes TNI telah menyusun matang rencana pengamanan dalam pelantikan presiden dan wakil presiden RI periode 2024-2029 pada 20 Oktober mendatang. Ilustrasi. Presiden terpilih Prabowo Subianto nan saat ini menjabat Menteri Pertahanan di aktivitas TNI beberapa waktu lalu. (ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Mabes TNI menyusun rencana pengamanan dalam pelantikan presiden dan wakil presiden RI periode 2024-2029 pada 20 Oktober mendatang.

"Persiapan secara umum TNI telah menyusun rencana pengamanan nan komprehensif, melibatkan beragam satuan sesuai dengan kebutuhan pengamanan aktivitas tersebut," kata Kapuspen TNI Mayjen Hariyanto saat dihubungi, Jumat (11/10).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menjelaskan TNI bekerja sama dengan Polri dan lembaga mengenai lain untuk memastikan semua aspek pengamanan terkoordinasi dengan baik.

Rencana pengamanan mencakup pengamanan area sekitar letak pelantikan, serta pengaturan arus lampau lintas dan akses masyarakat.

"Untuk pelibatan Satuan TNI nan bakal Dikerahkan ialah Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Setiap satuan bakal mempunyai peran khusus, seperti pengawasan, patroli, dan pengamanan VIP, guna menjaga keamanan selama pelantikan berlangsung," katanya.

TNI juga menyiapkan tindakan preventif untuk mencegah potensi gangguan. termasuk pengawasan ketat di area-area tertentu

"Dengan langkah-langkah kesiapan ini, TNI berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama aktivitas pelantikan presiden dan wakil presiden," katanya

Pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 bakal digelar di Senayan, Jakarta, Minggu (20/10).

Mereka bakal dilantik melalui Sidang Paripurna MPR. Ketua MPR Ahmad Muzani menjelaskan, sistem pelantikan Prabowo-Gibran dipastikan tetap menggunakan patokan nan lama.

(yoa/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional