Tokoh Adat Dayak Sambut HUT RI di IKN: Bernilai Sejarah Bagi Kaltim

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 12 Agu 2024 05:00 WIB

Upacara bendera 17 Agustus untuk pertama kalinya bakal digelar di IKN, Kalimantan Timur. Upacara bendera 17 Agustus untuk pertama kalinya bakal digelar di IKN, Kalimantan Timur. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jakarta, CNN Indonesia --

Rencana seremoni Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) disambut ceria Dewan Adat Dayak Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Ketua DAD Penajam Paser Utara, Helena Lin Legi, mengatakan perihal itu punya nilai sejarah tinggi lantaran untuk pertama kalinya upacara 17 Agustus bakal digelar di tanah Kalimantan Timur.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Upacara bendera nan bakal digelar di IKN ini mempunyai nilai sejarah nan sangat luar biasa bagi masyarakat Kalimantan Timur," kata Helena, Minggu (11/8), diberitakan Antara.

Dia juga mengatakan euforia peringatan 17 Agustus pada tahun ini banget dirasakan masyarakat setempat. Dia membujuk seluruh lapisan masyarakat menjadi tuan rumah nan baik.

"Kami dari Dewan Adat Dayak membujuk seluruh masyarakat di Kalimantan Timur, khususnya di Kabupaten Penajam Paser Utara, untuk bersama-sama menjaga situasi kondusif dan menjadi tuan rumah nan baik," ucap Helena.

Panitia penyelenggara telah menyiapkan beragam aktivitas mengenai upacara tersebut, baik dari segi seremonial maupun hiburan. Helena berambisi agar seni budaya lokal, khususnya dari wilayah Penajam Paser Utara, dapat ditampilkan dalam aktivitas tersebut.

"Harapan kami, tampilan seni budaya lokal seperti ritual budaya tepung tawar bisa dilaksanakan di sana, terutama untuk menyambut tamu-tamu kehormatan," ujar dia.

Helena juga berambisi perihal ini bisa menjadi catatan berhistoris bagi generasi muda Indonesia nan kudu dijaga dan dilestarikan.

"Harapan kami, semua perwakilan paguyuban dan tokoh kepercayaan dapat datang dan berpartisipasi," katanya.

(fea)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional