Transaksi Judi Online Jatim Capai Rp1 T, Pj Gubernur Bentuk Satgas

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surabaya, CNN Indonesia --

Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono mengungkapkan pihaknya sudah membentuk satuan tugas (Satgas) untuk memberantas gambling online (judol) di wilayahnya.

Adhy mengatakan satgas terdiri Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jatim dan Polda Jatim, nan bakal berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Dinas Kominfo sudah kami tugaskan untuk koordinasi dengan Kominfo pusat dan Reskrim," kata Adhy di Surabaya, Rabu (26/6).

Satgas dibentuk menyusul info Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) nan mendeteksi 135.227 pemain gambling online di Jatim. Perputaran duit transaksinya apalagi mencapai nomor fantastis, ialah Rp1,015 triliun.

Hal tersebut membikin Jatim menjadi provinsi keempat dengan transaksi gambling online terbesar di Indonesia. Posisinya berada di bawah Jawa Barat, Jakarta dan Jawa Tengah.

"Kan nan menginisiasikan Kominfo pusat, kami tunggu kan mereka nan menentukan, jika kami kan bekerja-sama apa action-nya kelak untuk itu [memberantas gambling online],"ucapnya.

[Gambas:Video CNN]

Adhy sekarang menunggu daftar pelaku gambling online di Jatim. Ia memastikan Pemprov Jatim bakal berkomitmen penuh memberantas praktik lancung tersebut.

"Satgas sudah terbentuk, tinggal implementasinya. Kan kami tunggu daftarnya [pelaku gambling online]," pungkasnya.

Sebelumnya, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto mengumumkan lima provinsi dengan transaksi gambling online terbesar. Daftar tersebut berasas info dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Hadi menyatakan Jawa Barat berada di urutan pertama. Transaksi gambling online nan tercatat oleh PPATK di provinsi tersebut mencapai Rp3,8 triliun.

DKI Jakarta berada di urutan kedua. Diikuti Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten. Jumlah transaksi gambling online di lima provinsi itu sudah melampaui Rp1 triliun.

Hadi mengatakan pemerintah punya info gambling online hingga tingkat kelurahan dan desa. Selanjutnya, pemerintah bakal mengundang para camat, kepala desa, dan lurah untuk melakukan pemulihan terhadap korban gambling online.

Berikut rincian lima provinsi dengan jumlah transaksi gambling online terbesar.

1. Jawa Barat: pemain 535.644, transaksi Rp3,8 triliun

2. DKI Jakarta: pemain 238.568, transaksi Rp2,3 triliun

3. Jawa Tengah: pemain 201.963, transaksi Rp1,3 triliun

4. Jawa Timur: pemain 135.227, transaksi Rp1,051 triliun

5. Banten: pemain 150.302, transaksi Rp1,022 triliun

(frd/chri)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional