Uji Coba Makan Gratis Tuai Kritik, Beri Susu Kemasan Tinggi Kadar Gula

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 25 Jul 2024 15:50 WIB

Menu uji coba program makan bergizi cuma-cuma menuai kritik lantaran memberikan susu bungkusan dengan kadar gula nan tinggi. Uji coba program makan bergizi cuma-cuma di Bogor, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menu uji coba program makan bergizi gratis menuai kritik lantaran memberikan susu bungkusan dengan kadar gula nan tinggi.

Kritikan itu dilayangkan oleh Center for Indonesia's Strategic Development Initiatives (CISDI) lewat akun Twitter-nya pada Rabu (24/7).

CISDI menyoroti kadar gula pada susu nan diberikan dalam uji coba program makanan bergizi di Sentul, Bogor beberapa waktu lampau itu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Hai Mas @gibran_tweet kemarin sempat lihat-lihat foto-foto program ini dan ada produk susu berpemanis rasa strawberi. Itu termasuk tinggi gula (25 gram) padahal pemisah harian konsumsi gula anak-anak 25 gram," tulis CISDI dalam cuitannya.

Berdasarkan foto nan diambil pada uji coba program tersebut, nampak menu makanan nan disajikan adalah nasi, ayam, sayur, buah pisang, dan susu.

Foto nan diabadikan ahli foto Antara memperlihatkan susu nan diberikan pada program itu bermerk Greenfields dengan tiga jenis rasa, ialah stroberi, UHT full cream, dan coklat.

CNNIndonesia.com telah menghubungi Wakil Ketua Dewan Pakar TKN Budiman Sudjatmiko meminta respons soal itu. Namun belum mendapat tanggapan.

Gibran sebelumnya mendatangi SD Negeri 2 dan 3 di Sentul, Bogor untuk mengecek uji coba makan bergizi gratis.

Ia menjelaskan seporsi makan harganya Rp14.900. Setiap anak mendapatkan makanan bergizi cuma-cuma dan memakannya bersama-sama di sekolah.

Gibran mengatakan perihal itu sekaligus membantah anggaran makan bergizi cuma-cuma dipotong menjadi Rp7.500. Ia menyatakan tak boleh pelit untuk anak-anak.

"Untuk menu hari ini cost-nya itu Rp 14.900. Ada nasi, ayam, sayur, buah-buahan," kata Gibran, Selasa (23/7).

(mnf/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional