Uji Forensik Konfirmasi Potongan Tubuh Turis AS di Perut Hiu

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 11 Okt 2024 11:11 WIB

Uji forensik terhadap potongan tubuh manusia dalam perut hiu nan diduga turis AS di Maluku Barat Daya melibatkan abdi negara mengenai dari Amerika dan Timor Leste. Ilustrasi. Uji forensik terhadap potongan tubuh manusia dalam perut hiu nan diduga turis AS di Maluku Barat Daya melibatkan abdi negara mengenai dari Amerika dan Timor Leste. (Foto: Joseph Prezioso / AFP)

Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang turis asal Amerika Serikat (AS) nan dilaporkan lenyap saat menyelam di perairan Maluku Barat Daya diduga tewas. Selain itu diduga potongan tubuhnya pun ditemukan di perut hiu.

Potongan tubuh itu pun sudah teridentifikasi sebagai turis nan dilaporkan lenyap dan diduga potongan tubuhnya di perut hiu itu adalah Carol Collen Monfore (68) penduduk negara AS. Hal itu teridentifikasi setelah uji forensik nan melibatkan abdi negara mengenai dari AS dan Timor Leste.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Informasi nan kami terima betul jika potongan tubuh milik visitor asing asal Amerika Serikat itu sudah teridentifikasi setelah dilakukan pemeriksaan forensik oleh tim DVI Timor Leste nan bekerja sama dengan Konjen AS di sana," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon, Maluku, Muhamad Arafah, Jumat (11/10).

Sebelumnya, Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono mengatakan abdi negara berkuasa di Timor Leste bekerja sama dengan Konjen AS di negara tetangga itu  melakukan uji forensik terhadap potongan tubuh manusia nan ditemukan dalam perut ikan hiu. Kapolsek Wetar Ipda Giovani BM Toffy pun diarahkan untuk berkoordinasi dengan abdi negara negara sahabat itu untuk membantu uji forensik dan pengecekan terhadap suami korban.

"Informasi sementara nan kami terima seperti itu, dan tujuannya untuk memastikan potongan tubuh berupa kaki nan menggunakan busana diving itu adalah Carol Colleen Monfore ," kata Wietono, Kamis (10/10).

Dia mengatakan penanganan lanjutan pemeriksaan potongan tubuh manusia dalam perut ikan hiu ditangani pihak berkuasa Timor Leste setelah sejumlah nelayan di Distrik Liquoica (Timor Leste) menangkap seekor ikan hiu nan di dalamnya ada potongan tubuh manusia berupa kaki.

Sebelumnya, Carol dilaporkan lenyap saat melakukan diving di Perairan Pulau Reong, Kecamatan Wetar Utara, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku sejak Kamis, (26/9/2024).

Korban berbareng enam rekan nan didampingi pemandu wisata (tour guide) asal Kalabahi (NTT) tiba di letak penyelaman dan melakukan aktivitas sekitar pukul 09:00 WIT.

WNA tersebut dilaporkan lenyap di Perairan Pulau Reong Kecamatan Wetar Utara Kabupaten MBD dengan titik koordinat letak kejadian 7039'35.16"S - 125055'40.26"E.

Upaya pencarian korban oleh tim SAR dari Nusa Tenggara Timur (NTT) lebih dari satu minggu tidak membuahkan hasil. Hingga akhirnya ada nelayan nan melaporkan temuan potongan tubuh di dalam perut ikan hiu pada Minggu (6/10) lalu.

(Antara/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional