Unggah Foto Buku Sukarno, Anies Mengaku Dapat Pesan Khusus dari Mega

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 25 Agu 2024 17:23 WIB

Anies mengaku dapat pesan unik dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengenai peluangnya maju sebagai cagub DKI Jakarta. Anies mengaku dapat pesan unik dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengenai peluangnya maju sebagai cagub DKI Jakarta. (CNN Indonesia/ Taufiq Hidayatullah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku mendapatkan pesan unik dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri soal pendapat dan ideologi Presiden pertama RI, Soekarno.

Hal itu disampaikan Anies saat menjawab pertanyaan soal unggahan foto dirinya berbareng buku-buku Sukarno di akun IG pribadinya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Anies mengaku dalam pertemuan di instansi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DKI Jakarta pada Sabtu (24/8), dia dan elite PDIP nan datang banyak membahas soal ideologi dan pendapat dari Bung Karno.

"Bukan obrolan tentang nomor elektoral, bukan tentang survei, apalagi tentang perihal mikro lainnya. Tapi justru tentang gagasan, ideologi, pemikiran-pemikiran Bung Karno," ujar Anies di Jakarta Selatan, Minggu (25/8).

Dalam pertemuan itu, Anies mengaku merasa terhormat bisa berbincang banyak soal pemikiran Sukarno dengan kader PDIP di bulan kemerdekaan.

Menurut dia, pembahasan tersebut juga sengaja dipilih sesuai pesan dari Megawati agar pertemuan tidak dilakukan hanya untuk membahas hal-hal nan remeh.

"Ibu Megawati menyampaikan pesan bahwa bicarakan hal-hal nan berdasar ini, bicarakan hal-hal nan menyangkut ideologi ini. Kemudian disampaikan kepada saya dan di akhir saya diberi buku," tuturnya.

Sebelumnya, DPD PDIP DKI Jakarta memberi sinyal support kepada Anies Baswedan di Pilgub DKI Jakarta 2024. Pernyataan itu disampaikan Ketua DPD PDIP DKI Ady Wijaya alias kerap disapa Aming usai menerima kunjungan Anies di instansi DPD PDIP Jakarta, Sabtu siang.

Aming menyebut PDIP telah mempunyai kesamaan dengan Anies, terutama menyangkut komitmen terhadap konstitusi dan patokan main. Politisi PDIP Masinton Pasaribu nan datang pada kesempatan itu pun menyatakan PDIP bakal menyambut dengan tangan terbuka jika Anies mau menjadi kader.

Peluang Anies diusung PDIP di Pilkada DKI terbuka setelah adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 60. Melalui putusan itu, MK menyatakan partai alias campuran partai politik peserta pemilu bisa mengusulkan calon kepala wilayah meski tidak punya bangku DPRD.

Partai nan tidak memperoleh bangku DPRD, tetap bisa mengusung paslon selama memenuhi syarat presentase nan dihitung dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT). Syarat parpol dan campuran parpol bisa mengusung paslon ialah memperoleh bunyi sah dari 6,5 persen hingga 10 persen, tergantung pada jumlah pemilih tetap di provinsi itu.

PDIP nan hanya punya 15 bangku di DPRD DKI Jakarta pun bisa mengusung pasangan calon sendiri. Hari ini, DPR berbareng pemerintah dan KPU juga sudah menyepakati revisi PKPU menyesuaikan putusan MK.

[Gambas:Instagram]

(tfq/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional