Upacara HUT ke-79 RI di IKN, PLN Bersiap Pasok Listrik 1,5 Megawatt

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - General Manager PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) alias PLN Unit Induk Distribusi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara Agung Murdifi mengatakan, saat ini pihaknya tengah berupaya semaksimal mungkin untuk menyiapkan utilitas jaringan kelistrikan menjelang seremoni HUT ke-79 RI di IKN.  

"Dari sisi distribusi, PLN sedang menyelesaikan pembangunan jaringan pengedaran untuk Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, nan mana area ini bakal disuplai dari tiga Gardu Induk jelang penyelenggaraan upacara HUT RI ke-79 mendatang," kata Agung dalam keterangan tertulis, Jumat, 2 Agustus 2024.

PLN nantinya bakal memberlakukan skema pengamanan berlapis guna menjaga keandalan kelistrikan venue utama, beranda Nusantara, perkantoran area inti pusat pemerintahan, bandara, dan penginapan untuk VVIP dan VIP. Agung memperkirakan kebutuhan listrik tertinggi di venue upacara HUT ke-79 RI mencapai 1,5 Megawatt.

"Dengan kesiapan listrik bersih di IKN saat ini nan telah mencapai 10 MW, tetap terdapat persediaan daya nan cukup untuk mendukung persiapan dan penyelenggaraan aktivitas HUT RI ke 79 nanti," ujar Agung.

Selain itu, PLN menyatakan telah menjaga keandalan kelistrikan selama Presiden Joko Widodo alias Jokowi selama berkantor di IKN sejak Ahad, 28-30 Juli 2024. PLN juga bersiap mengawal upacara kemerdekaan di IKN dengan pasokan dan pengamanan listrik nan berlapis. 

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan support keandalan pasokan listrik menjadi langkah PLN mendukung pembangunan IKN menjadi Kota Hutan nan pintar, indah, dan ramah lingkungan.

Iklan

"Alhamdulillah, seluruh aktivitas Bapak Presiden selama berkantor di IKN melangkah dengan lancar. Hal tersebut membuktikan bahwa listrik di IKN makin andal sesuai dengan komitmen kami," kata Darmawan. 

Darmawan mengatakan PLN bakal terus berkomitmen untuk terus mendukung upaya pemerintah dalam membangun IKN. Termasuk mendukung kelistrikan dalam peringatan HUT ke-79 RI di IKN pada 17 Agustus mendatang.

“Komitmen PLN menghadirkan listrik nan tidak hanya andal untuk ibu kota baru, tetapi juga bersih sejalan dengan sasaran Net Zero Emissions dalam rangka memanfaatkan potensi daya bersih di Indonesia demi kemakmuran rakyat nan sebesar-besarnya,” ujar Darmawan. 

Pilihan Editor: Next Policy Beberkan Risiko Kepindahan ASN secara Massal ke IKN

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis