Update Kasus Korupsi PT Timah: Kerugian Rp300 T hingga Tersangka Baru

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah tahun 2015-2022 memasuki babak baru. Kejaksaan Agung (Kejagung) teranyar menyebut nilai kerugian duit negara bertambah dari dugaan awal.

Selain itu, Kejagung kembali menetapkan tersangka baru. Para tersangka diduga mengakomodir aktivitas pertambangan liar alias terlarangan di wilayah Bangka Belitung untuk mendapatkan keuntungan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

CNNIndonesia.com telah merangkum perkembangan baru kasus korupsi PT Timah, sebagaimana berikut:

Masuk tahap akhir pemberkasan

Jaksa Agung ST Burhanuddin mengatakan kasus dugaan korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah tahun 2015-2022 ini telah memasuki tahap akhir pemberkasan.

"Perkara timah telah memasuki tahap akhir pemberkasan. Dan diharapkan dalam seminggu ke depan sudah dilimpahkan ke pengadilan," kata ST Burhanuddin.

Kerugian capai Rp300 Triliun

Burhanuddin juga menyebut jumlah kerugian negara dalam kasus ini nan semula diperkirakan Rp271 triliun, rupanya mencapai Rp300 triliun.

Angka tersebut merupakan hasil kalkulasi nan dilakukan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Total sementara 21 tersangka

Kejagung telah menetapkan total 21 tersangka dalam kasus dugaan korupsi tata niaga timah di IUP PT Timah ini.

Teranyar ialah penetapan tersangka eks Dirjen Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono (BGA).

Berdasarkan perannya, BGA diduga secara sengaja mengubah arsip Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) tahun 2019.

Beberapa nama lain ialah Direktur Utama PT Timah 2016-2021, Mochtar Riza Pahlevi Tabrani hingga Harvey Moeis sebagai perpanjangan tangan dari PT Refined Bangka Tin, hingga crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK) Helena Lim.

Ratusan bagian tanah dan 66 rekening disita

Kejagung juga telah menyita 66 rekening milik para tersangka di kasus korupsi ini. Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana mengatakan pemblokiran rekening itu dilakukan investigasi untuk mengusut dugaan aliran biaya korupsi.

Selain itu, Ketut mengatakan interogator juga menyita satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Tangerang Selatan.

Namun, dia tidak menjelaskan sosok pemilik SPBU nan disita tersebut. Ketut mengatakan total terdapat 55 unit perangkat berat, 16 unit mobil, dan 187 bagian tanah alias gedung nan juga disita.

"Selain itu tim interogator juga menyita aset berupa enam smelter di wilayah di wilayah Kepulauan Bangka Belitung dengan total luas bagian tanah 238.848 meter persegi," kata Ketut.

Asisten Sandra Dewi hingga saksi diperiksa

Kejagung turut memeriksa asisten pribadi artis Sandra Dewi berinisial RP mengenai kasus korupsi PT Timah ini.

Pemeriksaan terhadap RP tercatat pertama kali dilakukan oleh interogator Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus pada Selasa (28/5).

Selain RP, pemeriksaan juga dilakukan terhadap tiga saksi lainnya ialah Koordinator Lapangan PT Tinindo Inter Nusa berinisial PL, Sekretaris Divisi Pengamanan berinisial SMD dan Direktur PT Sariwiguna Binasentosa berinisial HRT.

(kha/ugo)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional