Viral Anjing Dikeroyok di Garut, Animal Hope Shelter Lapor Polisi

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 23 Jul 2024 19:28 WIB

Founder Animals Hope Shelter Indonesia berambisi laporan itu bisa memberikan pengaruh jera bagi pelaku dan bisa menyadari masyarakat tentang animal welfare. Ilustrasi anjing. Founder Animals Hope Shelter Indonesia mengatakan berambisi laporan itu bisa menjadi pengaruh jera bagi pelaku, dan bisa menyadari masyarakat tentang animal welfare. (iStockphoto/fotocelia)

Jakarta, CNN Indonesia --

Viral sejumlah anjing dikeroyok oleh beberapa penduduk di area Gunung Kelud Abadi, Garut, Jawa Barat. Pengeroyokan itu terekam dalam corak video dan menjadi viral di media sosial.

Peristiwa itu pun diadukan golongan pemerhati hewan nan tergabung dalam Animals Hope Shelter Indonesia ke kepolisian.

Founder Animals Hope Shelter Indonesia Christian Joshua Pale menyebut pihaknya telah melaporkan pelaku kekerasan terhadap hewan itu ke Polres Soreang pada hari ini, Selasa (23/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kita buat laporan di Polres," kata Christian kepada CNNINdonesia.com.

Christian mengungkapkan penyiksaan terhadap anjing itu bukan nan pertama. Sejumlah penduduk kerap memukul anjing dengan argumen hewan tersebut menggigit babi buruan.

"Jadi, mereka marah-marah pada anjing-anjingnya ini lantaran menggigit, menyerang babi sampai luka-luka. Jadi, dia marah, anjingnya ditarik, dibanting, lampau dibuang," tuturnya.

Christian pun mengingatkan penyiksaan terhadap hewan dapat dikenakan norma pidana. Hal itu merujuk pada Pasal 302 dan Pasal 540 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Dia berambisi dengan laporan ini, tidak ada lagi pihak nan melakukan penganiayaan terhadap hewan.

"Kesadaran masyarakat kita bakal animal welfare itu tetap sangat rendah. Mereka menganggap bahwa kekerasan terhadap hewan ini perihal lumrah," ucap dia.

"Laporan ini semoga menjadikan pengaruh jera bagi mereka. Untuk nan lainnya tidak lagi gegabah melakukan, seenak-enaknya melakukan kekerasan terhadap hewan," imbuh Christian.

(yla/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional