Wafat karena Serangan Jantung, Faisal Basri Akan Dimakamkan di TPU Menteng Pulo Sore Ini

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Ekonom senior Faisal Basri wafat di usia 65 tahun pada Kamis, 5 September 2024. Faisal Basri mangkat pada pukul 03.50 WIB di Rumah Sakit Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan. 

“Nanti ba’da Ashar (dimakamkan) di TPU Menteng Pulo (Blok AA 1 Blad 91), timpa (ditumpuk) di makam Ayah,” kata adik Faisal, Ramdan Malik, saat ditemui di rumah duka di area Gudang Peluru, Jakarta Selatan, hari ini 

Ramdan mengatakan Faisal Basri bakal dimakamkan pada Kamis sore di pemakaman area Gudang Peluru, Tebet, Jakarta Selatan. Saat ini, kata dia, family tetap menunggu kehadiran kakak sulung Faisal dari Bangkok. 

Menurut Ramdan, saudaranya meninggal diduga lantaran serangan jantung. “Ada kemungkinan jantung,” kata dia.

Ramdan mengatakan Faisal Basri sempat masuk ICU untuk menstabilkan kondisi jantung pada Rabu, 4 September kemarin. Keluarga mengambil langkah itu lantaran Faisal Basri dijadwlakan bakal diperiksa penyumbatan pembuluh darah alias katerisasi jantung pada Kamis hari ini pukul 08.00 WIB. 

“Hari ini rencananya kateter, tapi rupanya subuh tadi sudah tidak ada,” kata dia. 

Rumah Faisal Basri di area Gudang Peluru, Jakarta Selatan itu tampak sibuk pada Kamis pagi. Tenda-tenda dan bangku disusun berbanjar di pelataran dan sepanjang jalan rumah Faisal. Beberapa tokoh, politikus, dan aktivis juga tampak mendatangi kediaman Faisal Basri untuk berbelasungkawa. 

Tempo memandang Eks Menteri ESDM Sudirman Said, Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno, dan pejabat lain tiba di kediaman Faisal Basri. 

Iklan

Kepada awak media, Eddy Soeparno mengatakan PAN turut bersungkawa atas wafatnya Faisal. Dia menyebut Faisal ada sosok nan pengaruh di PAN lantaran pernah menjabat sebagai Sekjen. 

“Beliau sangat lugas dan pandai mengolah data,” kata Eddy. 

Sementara itu. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati disebut bakal menyambangi kediaman almarhum ahli ekonomi Faisal Basri. Faisal mangkat di usia 65 tahun di Rumah Sakit Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Kamis, 5 September 2024.

“Tadi ada protokol Menkeu Sri Mulyani. Baru Mbak Ani (yang bakal datang,” kata Adik bungsu Faisal, Ramdan Malik, saat ditemui di rumah duka hari ini. 

Kedatangan Sri Mulyani itu, kata Ramdan, lantaran keduanya pernah menjadi Direktur Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia (LPEM UI). Faisal Basri ketika itu menjabat kepala periode 1993-1995, sedangkan Sri Mulyani pada periode 1998-2001. “Sama-sama Direktur LPEM UI,” kata dia. 

Pilihan Editor: Jokowi Terima Kunjungan Bos Perusahaan Tambang PT Vale di Istana, Apa Saja nan Dibicarakan?

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis