Warga DKI Dipersiapkan Hadapi Gempa Megathrust Selat Sunda

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TIM | CNN Indonesia

Senin, 16 Sep 2024 17:04 WIB

Masyarakat di Jakarta mulai dipersiapkan untuk menghadapi akibat gempa bumi megathrust segmen Selat Sunda. Masyarakat di Jakarta mulai dipersiapkan untuk menghadapi akibat gempa bumi megathrust segmen Selat Sunda. (Foto: Istockphoto/ Petrovich9)

Jakarta, CNN Indonesia --

Masyarakat di Jakarta mulai dipersiapkan untuk menghadapi akibat gempa bumi megathrust segmen Selat Sunda melalui serangkaian training simulasi musibah oleh pemerintah provinsi setempat.

"Dalam waktu dekat kami bakal melakukan simulasi secara serentak, untuk mengurangi akibat musibah megathrust nan kembali menjadi perhatian," Ketua Sub-kelompok kedaruratan dan penanganan pengungsi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta, Wardaya, nan dilansir Antara Senin (16/9).

Wardaya menjabarkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan beragam skenario simulasi agar bisa menjangkau semua kalangan masyarakat Jakarta.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mulai dari skenario langkah masyarakat menghadapi musibah gempa di rumah sakit, pemukiman padat penduduk, pasar, sekolah, apalagi gedung perkantoran.

Bukan hanya gempa bumi, kata dia, simulasi serentak itu juga bakal mengajarkan teknik-teknik pengamanan diri saat menghadapi musibah kebakaran dan banjir.

BPBD Jakarta bekerja sama dengan beragam pihak nan mempunyai skill darurat musibah seperti petugas pemadam kebakaran, Basarnas, ataupun tim mahir K3 perusahaan untuk penyelenggaraan simulasi musibah tersebut kepada masyarakat.

"Nanti bakal ada sebentuk surat info dari gubernur untuk simulasi serentak ini," ujarnya.

Wardaya mengungkapkan bahwa simulasi musibah ini bukan nan pertama di Jakarta tapi adalah agenda rutin dari pemerintah wilayah dan sudah diatur dalam peraturan gubernur.

Bahkan dalam perihal ini BPBD Jakarta di kantornya area Petojo Utara, Gambir, sudah menyiapkan akomodasi ruang literasi komplit dengan peralatan mengenai kebencanaan dan bisa dimanfaatkan masyarakat secara cuma-cuma setiap harinya.

(asa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional