Warga Tumpah Ke Jalan, Rebutan Swafoto Saat Kirab Bendera Pusaka

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 10 Agu 2024 10:12 WIB

Warga tumpah ke jalan saat salinan bendera pusaka Merah Putih dan teks original proklamasi dikirab dari Monas ke Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Sabtu (10/8). Warga tumpah ke jalan saat salinan bendera pusaka Merah Putih dan teks original proklamasi dikirab dari Monas ke Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Sabtu (10/8). ( CNN Indonesia/Chandra Erlangga).

Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah penduduk tumpah ke badan jalan saat rombongan pembawa duplikat bendera pusaka Merah Putih dan teks original proklamasi dikirab dari Monumen Nasional ke Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Sabtu (10/8).

Dua barang itu dipindahkan menjelang upacara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan 17 Agustus dan melintas di Jalan Medan Merdeka Barat sekira pukul 08.30 WIB.

Iring-iringan diawali oleh kirab irama (marching band) dari akademi kepolisian dan militer, disusul pasukan berkuda Detasemen Kavaleri Berkuda TNI AD.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun saat iring-iringan melintas dekat patung kuda Arjuna Wijaya, rombongan berakhir sejenak lantaran golongan kirab irama dan pasukan berkuda menata barisan di pinggir jalan.

Walhasil penduduk nan berdiri di trotoar menghampiri kendaraan taktis Pindad Maung nan ditunggangi oleh pembawa salinan bendera pusaka Merah Putih Kachina Ozora dan pembawa teks original proklamasi Keyla Azzahra Purnama.

Keduanya terpilih sebagai personil Paskibraka Nasional 2023, dan mengemban tugas krusial dalam prosesi ini.

Petugas keamanan sempat kewalahan untuk mensterilkan jip Maung itu. Namun kerumunan penduduk nan berswafoto tak berjalan lama hingga akhirnya mobil itu bergerak untuk bertolak ke Lapangan Udara Halim Perdanakusuma.

Warga nan terdiri dari anak-anak dan orang dewasa berdiri di pinggir Jalan Medan Merdeka Barat mengenakan baju doninan merah, sembari mengenggam bendera merah-putih untuk ikut meramaikan kirab tersebut.

Kirab ini juga diramaikan oleh sejumlah masyarakat nan tengah melakukan aktivitas olahraga di sekitaran Jalan Medan Merdeka Barat.

TransJakarta tetap mengalir normal saat rombongan kirab berjalan. Namun sejumlah ruas jalan dari Monas menuju Lanud Halim sementara ditutup.

Pemerintah menugaskan empat orang Purna Paskibraka Indonesia (PPI) 2023 dalam kirab itu. Mereka bakal membawa dua barang itu dari Jakarta ke IKN.

Dari Halim, dua barang berhistoris itu diterbangkan ke IKN. Lalu kirab bersambung ke Istana Negara IKN.

(chan/agt)

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional