WWF 2024 Usung Komitmen Baru soal Pengelolaan Wilayah Sungai

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Kementerian PUPR | CNN Indonesia

Sabtu, 25 Mei 2024 14:31 WIB

Menteri PUPR menyebut, Basin Segment Day jadi kesempatan untuk membahas beragam langkah meningkatkan kerja sama dan tukar pengalaman tentang pengelolaan basin. Ilustrasi sungai. (Foto: LifeofPix)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan dalam pembukaan Basin Segment Day bahwa kerjasama adalah kunci pengelolaan basin alias wilayah sungai.

Hal tersebut disampaikan Basuki dalam penutupan Basin Segment Day pada rangkaian World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali, Rabu (22/5). Saat itu, disepakati komitmen Bali Basin Action Champions Agenda, nan mendukung pengelolaan wilayah sungai sebagai booster pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan alias SDGs.

"Basin Segment Day merupakan kesempatan berbobot untuk membahas langkah-langkah selanjutnya untuk meningkatkan kerja sama dan berganti pengalaman baik tentang pengelolaan basin," kata Basuki.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sekretaris Jenderal International Network of Basin Organisations (INBO) Eric Tardieu menyampaikan, para peserta segmen wilayah sungai menyambut baik keputusan WWF ke-10.

"Untuk lebih mengonsolidasikan pengelolaan wilayah sungai sebagai prioritas politik dengan terus memasukkan rumor wilayah sungai pada segmen politik tingkat tinggi. Di samping juga segmen kementerian, parlemen, dan pemerintah daerah," papar Eric.

Kolaborasi dalam Bali Basin Champions Agenda mencakup peluncuran Twin Basin Initiative (TBI), ialah program peningkatan kapabilitas dan pertukaran pengalaman antarsesama organisasi dari seluruh bumi nan bekerja dalam Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu (Integrated Water Resources Management/IWRM) di tingkat wilayah sungai nasional maupun lintas negara.

Nantinya, TBI bakal mendukung aktivitas peningkatan kapabilitas bersama, seperti webinar, pertukaran tatap muka, kunjungan studi, serta penyebaran pembelajaran dalam skala dunia seperti peer to peer dan ke masyarakat.

Sejumlah pihak pun turut berkontribusi dalam program ini. Komisi Eropa misalnya, berkontribusi dalam corak proyek dunia peer-to-peer untuk organisasi wilayah sungai dan peningkatan kapabilitas dan program kembaran IWRM antarorganisasi wilayah sungai.

Lalu, Badan Pembangunan Perancis berkontribusi dalam corak Proyek DYNOBA (peningkatan kapabilitas organisasi wilayah sungai lintas negara di Afrika).

Untuk diketahui, INBO adalah organisasi nan berfokus penerapan pengelolaan sumber daya air terpadu dalam wilayah sungai nasional maupun lintas negara, waduk dan akuifer, termasuk dari sisi tata kelola nan terpadu, perencanaan strategis, sistem info bersama, pembiayaan berkepanjangan untuk mengatasi tantangan perubahan iklim, preservasi keanekaragaman hayati, serta kerja sama lintas negara.

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional