Yaqut Bantah Mangkir Panggilan Pansus Haji: Belum Pernah Dipanggil

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 11 Sep 2024 12:27 WIB

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membantah mangkir dari dua panggilan Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Haji DPR untuk dimintai keterangan. Menag Yaqut mengaku tak pernah menerima surat panggilan dari Pansus Haji DPR untuk dimintai penjelasan soal penyelenggaraan haji 2024. (CNN Indonesia/Panji Septo Raharjo)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membantah mangkir dari dua panggilan Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Haji DPR untuk dimintai keterangan.

Yaqut menyatakan tidak pernah menerima surat panggilan dari Pansus Haji. Ia pun mempertanyakan pernyataan personil Pansus nan menyebut dirinya sudah mangkir dua kali.

"Saya belum pernah mendapatkan surat panggilan itu. Bisa dicek di Kesekjenan DPR, kan bisa dicek ya," kata Yaqut di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (11/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jadi saya enggak tahu, dasarnya dari mana. Makanya saya pengen tahu juga. Apakah betul saya sudah pernah dipanggil dua kali? Karena kok saya belum menerima," sambungnya.

Namun, Yaqut juga tak bisa memastikan apakah dirinya bakal datang jika surat panggilan dari Pansus Haji sudah diterima. Ia mengatakan tetap banyak tugas sebagai Menteri Agama nan tidak dapat ditinggalkan.

"Toh, di sistem Pansus itu kan boleh penjadwalan ulang alias apa, jika loh ya. Makanya saya juga bakal lihat jika kelak ada surat undangan, saya bakal lihat dulu," ucap dia.

Adapun hari ini Yaqut datang ke Gedung DPR RI untuk menghadiri rapat kerja berbareng Komisi VIII DPR. Agenda rapat ialah membahas penyesuaian rencana kerja dan anggaran Kemenag tahun 2025.

Sebelumnya, personil Pansus Haji DPR Marwan Ja'far mengaku telah memanggil Yaqut sebanyak dua kali untuk memberikan keterangan mengenai dugaan penyelewengan penyelenggaraan Haji 2024. Menurut dia, Yaqut sengaja mengulur-ulur waktu.

"Sudah dua kali mangkir. Dan ini bakal kita undang lagi agar hadir. Ini dia buying time saja agar waktu DPR lenyap ini," kata Marwan di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9).

Ia menyebut Pansus Haji telah memanggil Yaqut pada Senin (9/9) untuk datang pada Selasa (10/9). Yaqut tak datang dan berkilah sedang menghadiri MTQ di Kalimantan Timur.

Namun, Marwan mengatakan Yaqut justru tak berada di Kaltim, tapi ada di Kantor Kemenag. Ia pun menegaskan bakal memanggil kembali Yaqut untuk ketiga kalinya untuk datang dalam rapat Pansus Haji.

(mab/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional