Zulhas Usulkan RK Cagub DKI Saat Pertemuan Ketum Parpol dengan Jokowi

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 14 Jun 2024 11:54 WIB

Ketum PAN Zulkifli Hasan mengusulkan nama Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jakarta dalam pertemuan para ketum parpol dengan Jokowi. Ketum PAN Zulkifli Hasan mengusulkan nama Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jakarta dalam pertemuan para ketum parpol dengan Jokowi. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengusulkan nama Ridwan Kamil sebagai calon gubernur DKI Jakarta dalam pertemuan para ketua umum parpol dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhir Mei lalu.

Zulhas mengatakan salah satu pembicaraan dalam pertemuan itu adalah Pilkada Serentak 2024. Dia menyebut ketum-ketum parpol setuju dengan nama RK.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ya, saya mengusulkan Ridwan Kamil di Jakarta, semua setuju," kata Zulhas di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (14/6).

Zulhas mengatakan forum itu baru membahas nama calon gubernur. Belum ada penentuan nama calon wakil gubernur DKI Jakarta.

Dia mengaku sempat bertanya ke Jokowi tentang kemungkinan Kaesang Pangarep menjadi calon wakil gubernur DKI. Namun, Jokowi menolak usulan itu.

"Pak Presiden bilang jangan, tapi kan partai-partai perlu. Perlu apa? Agar bisa menang," ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi dikabarkan mengumpulkan ketua-ketua umum partai politik di Istana pada akhir Mei. Pertemuan digelar tertutup dan tak diumumkan ke media.

Jokowi membenarkan ada pertemuan itu. Akan tetapi, dia tak mau memberi tahu isi pertemuan tersebut. "Ketemu tapi tidak berbincang [reshuffle] itu," kata Jokowi.

Putra bungsu Jokowi sekaligus Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep telah menyatakan siap jika dipasangkan dengan Anies Baswedan ataupun Ridwan Kamil di Pilgub DKI Jakarta.

"Kalau saya ditanya siap alias enggak (berpasangan dengan Anies), ya kudu siap," kata Kaesang di Kantor DPP PSI, Jakarta, Kamis (13/6).

"Siap juga (dengan RK). Saya kembali lagi, namanya politik kita ya enggak masalah kok dengan siapa pun," imbuhnya.

(dhf/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional