10 Wilayah di Jaksel dan Jaktim Terancam Longsor

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 21 Agu 2024 15:53 WIB

BPBD DKI Jakarta mengungkapkan 10 wilayah di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur berpotensi terjadi tanah longsor pada Agustus 2024. Ilustrasi. BPBD DKI Jakarta mengungkapkan 10 wilayah di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur berpotensi terjadi tanah longsor pada Agustus 2024. (ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI)

Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengungkapkan 10 wilayah di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur berpotensi terjadi tanah longsor pada Agustus 2024.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji menjelaskan prakiraan wilayah potensi terjadi aktivitas tanah disusun berasas hasil tumpang susun (overlay) antara peta area kerentanan aktivitas tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan nan diperoleh dari BMKG.

Menurut info dari PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi), lanjut dia, beberapa wilayah di DKI Jakarta berada di area menengah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jakarta Selatan, meliputi wilayah Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, Pesanggrahan," kata Isnawa dalam keterangannya, Rabu (21/8).

"Jakarta Timur, meliputi wilayah Kecamatan Kramatjati, Pasar Rebo," imbuhnya.

Isnawa menerangkan pada area menengah dapat terjadi aktivitas tanah jika curah hujan di atas normal, terutama pada wilayah nan berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan alias jika lereng mengalami gangguan.

Sementara pada area tinggi, aktivitas tanah lama dapat aktif kembali.

"Untuk itu, kepada lurah, camat, dan masyarakat diimbau untuk tetap mengantisipasi adanya potensi aktivitas tanah pada saat curah hujan di atas normal," tuturnya.

(lna/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional