16 PSN Baru akan Diteruskan Prabowo, Sektor Apa yang Mendominasi?

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah menetapkan 16 Proyek Strategis Nasional alias PSN baru pada 2024. Menteri Koordinator bagian Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan proyek nan kebanyakan berasal dari sektor mineral kritis itu bakal dilanjutkan oleh pemerintah berikutnya, ialah Prabowo-Gibran.

Ia mengatakan keenam belas proyek tersebut tidak memerlukan APBN. “Artinya proyek-proyek tersebut mendapat support dari sisi insentif untuk pengurusan tanah dan kemudahan perolehan izin,” ujar Airlangga di Jakarta, Selasa, 14 Mei 2024.

Sekretaris Kementerian Koordinator bagian Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, mengatakan 16 proyek ini merupakan usulan dari beberapa kementerian. “Lebih banyak untuk area industr nikel,” ujarnya.

Susijiwono mengatakan 16 PSN tersebut terdiri dari 14 proyek dan ada 2 program ialah teknologi pembayaran tol tanpa setop, alias multi lane free flow (MLFF) dan program integrasi dua operator airport InJourney, milik Angkasa Pura.

Proyek lainnya adalah Pengembangan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 Tropical Coastland, di Tangerang, Banten dengan sasaran investasi Rp 65 triliun.

Proyek ini   diusulkan oleh Menteri pariwisata. Di letak nan sama ada pula pengembangan Kawasan Terpadu Bumi Serpong Damai dengan nilai Rp 18,54 trilun nan diusulkan Kementerian Kesehatan.

Di area Sulawesi Tengah ada Kawasan Industri Neo Energy Parimo Industrial estate (NEPIe) Parigi Muutong, senilai Rp 225 triliun usulan. Juga Kawasan Industri Neo Energy Morowali Industrial Estate (NEMIE) dengan nilai investasi Rp 150 triliun. Kedua proyek merupakan usulan Menteri Perindustrian untuk mendukung batrai listrik dan produksi nikel murni.

Iklan

PSN untuk sektor nikel juga terdapat di dua letak di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Yakni Kawasan Industri Indonesia Giga Industry Park alias IGIP dan Kawasan Industri Kolaka Resources Industrial Park alias KRIP.

Ada pula Kawasan Industri Wiraraja Green Renewable Energy & Smart-Eco Industrial Park (GESEIP) di Pulau Galang, Batam Kepulauan Riau. Proyek senilai Rp 226 triliun usulan Menteri Perekonomian. Susijiwono mengatakan proyek ini sudah dalam tahap bangunan mulai 2024.

Proyek strategis lain di Kepulauan Riau adalah Pengembangan Kawasan Industri KEK Galang Batang di Kepulauan Riau dengan nilai Investasi Rp 120 triliun. Saat ini tingkat okupansi lahan 85,7 persen telah dikuasai. PSN ini merupakan usulan Menteri Perindustrian dan Kementerian Investasi / Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Ada beberapa proyek nan juga berasal dari usulan Kementerian PUPR ialah Pengembangan Jalan Tol Dalam Kota Bandung dan Pengembangan Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono, M.Sc. Section Harbour Road II di Jakarta Utara.

Pilihan Editor: Agar Tak Jadi Proyek Mangkrak, Jokowi Akan Evaluasi Seluruh PSN dan KEK Juni Mendatang

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis