3 Kategori Pemenang di Ajang Penghargaan Derap Kerja Sama Jakarta 2024

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Derap Kerja Sama Jakarta (DKJ) 2024 adalah arena apresiasi bagi perusahaan di area Jakarta nan menggelar program corporate social responsibility (CSR). Ajang ini diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Terdapat tiga kategori pemenang di arena DKJ 2024, ialah kesehatan, lingkungan hidup, dan pemberdayaan masyarakat nan meliputi pendidikan, UMKM, peduli sosial, religi, olahraga, dan budaya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

DKJ 2024 diharapkan bisa menjadi wadah bagi badan upaya untuk menunjukkan program CSR nan dimiliki agar program tersebut dapat berkepanjangan dan memberi lebih banyak faedah bagi masyarakat.

Kepala Biro Kerja Sama Daerah Setda DKI Jakarta, Marulina Dewi mengungkapkan, 2024 merupakan tahun pertama penyelenggaraan arena apresiasi DKJ dan sekaligus menjadi bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-497.

"Selama ini banyak sekali program CSR nan mungkin belum ter-cover, belum terdaftar, belum terlihat. Untuk itu, inilah dasar kami menyiapkan satu sesi bagi teman-teman di badan upaya nan telah banyak berkontribusi untuk Pemprov DKI Jakarta melalui program-program (CSR)," kata Marulina Dewi dalam Takshow Road to Derap Kerja Sama Jakarta 2024 di YouTube CNN Indonesia, Selasa (21/5).

Pada kategori lingkungan, program nan bisa serta dalam DKJ 2024 adalah seperti cleaner production, konservasi daya dan sumber daya alam, ataupun pengelolaan sampah melalui 3R (reduce, reuse, recycle). Sementara pada kategori kesehatan, contoh program nan bisa mendapatkan penilaian DKJ 2024 misalnya program Posyandu Sehati, penanganan stunting, hingga program bank sampah.

"Di bagian pemberdayaan masyarakat, ini misalnya program penghijauan kota seperti penanaman pohon, lampau training mengenai pengembangan kewirausahaan, kemudian pemuatan lahan dalam rangka penataan kawasan. Tidak sekadar nan saya sebut, mungkin bakal ada banyak program nan di luar dugaan kita," imbuh Marulina Dewi.

Indikator penilaian DKJ 2024

Kategori penilaian DKJ 2024 adalah perusahaan nan mempunyai program tanggung jawab sosial dan lingkungan badan upaya (TJSLBU) alias CSR di bidang sustainability, innovative and creative, impact and evaluation.

Saat ini seleksi tahap awal sudah dilaksanakan sampai dengan akhir Mei 2024, sedangkan puncak aktivitas penghargaan Derap Kerja Sama Jakarta 2024 bakal digelar pada 14 Juni 2024 di Hotel Borobudur dengan tema "Harmoni Jakarta Kota Global".

Penilaian dalam program CSR untuk penghargaan DKJ 2024 ini melibatkan sejumlah majelis juri nan berkompeten di bidangnya masing-masing.

Ketua Dewan Juri adalah Sri Haryati (Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Pemprov DKI), dengan personil mencakup: Arie Sujito (Wakil Rektor Universitas Gadjah Mada), Siti Nadia Tarmizi (Kabiro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI), Ani Ruspitawati (Kadinkes Pemprov DKI), Sudharto P. adi (Pakar Manajemen Lingkungan dan Rektor UNDIP 2010-2015), serta Marulina Dewi (Kabiro Kerja Sama Daerah Pemprov DKI).

Pemprov DKI Jakarta menyatakan pemberian penghargaan alias awarding CSR merupakan salah satu langkah apresiasi kepada badan upaya nan telah melaksanakan CSR dengan baik dan berkesinambungan.

Selain itu, penghargaan ini diharapkan bisa memicu peningkatan kualitas CSR oleh setiap badan usaha, pemenuhan sasaran SDGs secara penuh melalui peran CSR, dan penambahan jumlah CSR di DKI Jakarta baik secara jumlah maupun kualitas.

(juh)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional