Kebakaran di Kalideres Hanguskan 50 Rumah Semi Permanen

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 50 gedung nan terdiri dari rumah semi permanen dan lapak gosong dalam kebakaran di Jalan Utan Jati Kp. Tabaci, RT/RW 03/01 Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (2/10).

Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat, Syarifudin mengatakan 20 damkar dan 100 personel dikerahkan untuk memadamkan api.

"Info info sementara itu 50 rumah berbentuk rumah bedeng dan semi-permanen," kata Syarif di Jakarta.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Syarif mengatakan petugas sempat mengalami kesulitan untuk mengatasi kebakaran puluhan rumah tersebut lantaran sumber air nan keruh dan jauh, selang air pecah dan sejumlah objek nan berisi plastik.

"Kesulitan pertama, sumber air ya. Sumber air nan di sini agak kotor, kalinya agak keruh. Jadi, agak sulit," ungkapnya.

"Kemudian lalu-lintas Jalan Daan Mogot juga menyebabkan dua selang berukuran 50 meter dan 100 meter milik petugas pecah saat pemadaman berlangsung," tambahnya.

Selain itu, kata Syarif, dua lapak plastik besar nan juga terbakar dalam kejadian itu membikin petugas kesulitan memadamkan api.

"Ada dua lapak plastik nan besar. Biji plastik dan lapak plastik-plastik itu nan ada cukup luas itu. Dan barang-barang juga cukup banyak, sehingga menyulitkan kita untuk penuntasan. Kemudian juga ada reruntuhan seng-seng nan juga menghalang untuk penuntasan," kata Syarif.

Namun demikian, kata Syarif, api sudah sukses dilokalisasi pada pukul 13.20 WIB, hingga sekitar pukul 17.00 WIB pihaknya telah memulai tahap pendinginan.

"Berita kebakaran diperoleh pukul 12.17 WIB, lampau pukul 13.20 WIB kita sudah bisa lokalisasi. Sekarang tahap penuntasan, pendinginan. Cuma memang lantaran area luas, banyak tumpukan. Nah ini kita perlu waktu cukup lama untuk penuntasan itu," kata Syarif.

Adapun empat dari petugas tersebut sempat mengalami keletihan lantaran terlalu lama menghirup asap kebakaran nan mengepul.

"Petugas nan awal ada empat orang, lantaran dia terlalu lama," kata Syarif.

Hingga sekarang juga belum ada laporan korban jiwa akibat kebakaran tersebut, termasuk jumlah jiwa nan terkena akibat dari peristiwa itu.

(Antara/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional