3 SD di Solo Jadi Sasaran Uji Coba Makan Bergizi Gratis

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 23 Jul 2024 09:20 WIB

Tiga sekolah dasar (SD) di Solo, Jawa Tengah, bakal menjadi sasaran uji coba penyelenggaraan program makan bergizi gratis. Ilustrasi. Tiga SD di Solo bakal ikut uji coba makan bergizi cuma-cuma pada 25 Juli 2024. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Tiga sekolah dasar (SD) di Solo, Jawa Tengah, bakal menjadi sasaran uji coba penyelenggaraan program makan bergizi gratis. Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo Dian Rineta mengatakan uji coba sesi pertama bakal digelar pada 25 Juli 2024.

"Makan siang cuma-cuma insya Allah bakal diuji coba tanggal 25 Juli. Sementara sesi satu ada tiga sekolah SD. Sesi dua bakal dilakukan untuk siswa SD dan SMP, kapannya belum tahu," kata Dian dilansir detikJateng, Minggu (21/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, Dian tak merinci letak ketiga SD nan bakal menjadi letak uji coba program Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tersebut. Ia hanya mengatakan ketiga SD itu berada di Kecamatan Jabres.

Ia pun menegaskan uji coba program makan bergizi cuma-cuma ini tidak bakal merogoh kocek APBD Kota Solo.DianIa menyebut seluruh biaya penyelenggaraan uji coba ini ditanggung wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming.

"Yang jelas bukan dari APBD, dari Mas Gibran. Itu dari mana kami tidak terlibat di situnya, (kami) menyediakan lokasinya saja," kata dia.

Lebih lanjut, Dian menilai uji coba makan bergizi cuma-cuma bakal berakibat signifikan terhadap perekonomian Solo. Terlebih, kata dia, program ini bakal menggaet UMKM di sekitar wilayah SD sasaran sebagai penyedia makanan.

"Jadi nan bergeliat banyak, ada UMKM pengantarannya multiplier effect, dari makan siang cuma-cuma ini bakal terasa. Tidak hanya pendidikan saja nan mendapatkan makan siang gratis, tetapi UMKM bergeliat banyak orang mendapat membantu pengantaran ini betul bisa mengerjakan ekonomi di Surakarta," jelas dia.

Adapun penerima uji coba program makan siang cuma-cuma bergizi ini adalah siswa SD di seluruh jenjang ialah dari kelas 1 hingga kelas 6.

"Semua ada di sekolah tidak dipilih, misal jika jumlahnya 200 anak, nan diambil itu semuanya dapat makan siang gratis," ucap Dian.

(mab/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional