5 Nahdliyin Bertemu Presiden Israel, PBNU Buka Suara

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 15 Jul 2024 07:29 WIB

PBNU buka bunyi soal kehadiran lima orang penduduk Nahdlatul Ulama (NU) berjumpa Presiden Israel di tengah pembantaian sadis di Palestina. Sejumlah penduduk NU bertemu presiden Israel di tengah genosida nan dilancarkan negara zionis itu di Palestina. (CNN Indonesia/Fajrian)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Ahmad Fahrurozi menegaskan kehadiran lima orang penduduk Nahdlatul Ulama (NU) alias Nahdliyin berjumpa Presiden Israel Isaac Herzog tidak mengatasnamakan organisasi NU.

"Kalau mereka tidak mengatasnamakan organisasi ya, tidak, itu tanggung jawab mereka sendiri," kata laki-laki nan berkawan disapa Gus Fahrur itu kepada CNNIndonesia.com, Senin (15/7).

Di sisi lain Gus Fahrur mengaku tak mengenal lima orang Nahdliyin nan berjumpa dengan Presiden Israel tersebut. Ia juga menegaskan PBNU tak pernah mendengar ada misi berjumpa Presiden Israel atas nama organisasi baru-baru ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Saya tidak pernah mendengar ada misi ke sana," kata dia.

Gus Fahrur menduga mereka menemui presiden Israel lantaran mempunyai undangan tersendiri. Sebab, PBNU tak pernah mendapatkan pemberitahuan untuk berjamu ke Israel dalam forum rapat belakangan ini.

"Tidak ada pemberitahuan di rapat," kata dia.

Sebelumnya beredar foto-foto nan memperlihatkan 5 orang Nahdliyin berjumpa dengan Herzog. Mereka di antaranya Zainul Maarif, Munawir Aziz, Nurul Bahrul Ulum, Syukron Makmun dan Izza Annafisah Dania. Belum jelas kapan pertemuan tersebut terjadi.

Israel gencar melancarkan agresi hingga tindakan genosida ke Gaza Palestina belakangan ini nan mengakibatkan banyak korban sipil tewas.

Tercatat agresi itu telah menewaskan sedikitnya 38.443 orang di Gaza, sebagian besar juga penduduk sipil, menurut nomor dari kementerian kesehatan di wilayah nan dikuasai Hamas.

Pemerintah Indonesia melalui Presiden Joko Widodo telah menegaskan sikap pemerintah Indonesia mengutuk keras serangan Israel terhadap penduduk Palestina di Gaza. Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia sangat marah terhadap memburuknya situasi di Gaza, terutama situasi kemanusiaan.

(rzr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional