6 Juta Data NPWP Diduga Bocor, Kenali Jenis dan Fungsi NPWP

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan menyatakan tengah mendalami kasus dugaan kebocoran data nomor pokok wajib pajak (NPWP). "Saat ini tim teknis DJP sedang melakukan pendalaman," kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Kemenkeu, Dwi Astuti, Rabu, 18 September 2024, seperti dikutip Antara. .

Dugaan bocornya info NPWP mencuat setelah pendiri Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto, mengunggah tangkapan layar situs Breach Forums. Melalui akun X @secgron, Teguh menyebut sebanyak 6 juta info NPWP diperjualbelikan dalam situs itu oleh akun berjulukan Bjorka pada 18 September 2024.

Selain NPWP, info lain nan bocor di antaranya nomor induk kependudukan (NIK), alamat, nomor handphone, email, dan info lainnya. Dalam cuitan nan sama, Teguh mengatakan bahwa info nan bocor juga termasuk milik Presiden Jokowi dan keluarganya serta sejumlah menteri. Informasi mengenai kebocoran itu juga diunggah perusahaan keamanan siber Falcon Feeds di platform X.

Mengenal NPWP

NPWP merupakan nomor nan diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam manajemen perpajakan. NPWP kudu dimiliki setiap wajib pajak sebagai corak identitas saat bakal membayarkan pajaknya. Umumnya NPWP diperlukan untuk beragam macam proses pengurusan dokumen, sehingga jika tidak mempunyai NPWP bakal susah dalam mengurus proses manajemen maupun sejenisnya.

Menurut jenisnya, NPWP dibedakan menjadi dua, ialah NPWP Pribadi nan diberikan kepada setiap orang nan mempunyai penghasilan di Indonesia dan NPWP Badan nan diberikan kepada perusahaan alias badan upaya nan mempunyai penghasilan di Indonesia.

NPWP mempunyai beberapa kegunaan dan manfaat, baik di dalam maupun di luar urusan perpajakan. Bagi suatu badan upaya ataupun bisnis, nomor itu dibutuhkan untuk melengkapi manajemen pajak hingga berfaedah sebagai identitas dan kelengkapan izin usaha. 

1. Sebagai kode unik nan selalu digunakan dalam setiap urusan perpajakan

Iklan

NPWP berfaedah sebagai kode unik nan membikin info perpajakan Anda tidak bakal tertukar dengan wajib pajak lainnya.

2. Pengajuan kredit

Hampir seluruh aktivitas untuk mengusulkan angsuran kepada bank alias lembaga finansial memerlukan syarat NPWP. Dengan nomor tersebut, bank bisa memandang rekam jejak pengguna dalam bayar kewajibannya.

3. Membuat Surat Izin Usaha

Setiap upaya diwajibkan membayar pajak. NPWP menjadi salah satu persyaratan dalam membikin Surat izin Usaha Perdagangan (SIUP). Dengan mempunyai NPWP, setiap perseorangan dan badan upaya dapat melakukan beragam transaksi finansial dan administratif dengan lebih mudah.

ANTARA

Pilihan Editor: Ini Syarat Bangun Rumah Sendiri Tak Kena Pajak 2,4 Persen

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis