6 Parpol Bentuk 'Koalisi Sama-sama' Lawan PKS di Pilkada Depok

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat, Gerindra, PKB, PPP, dan PAN sepakat membentuk kerja sama dengan nama 'Koalisi Sama-Sama' pada Pilkada Kota Depok 2024.

Ketua DPC PDIP Kota Depok Hendrik Tangke Allo meyakini koalisi ini bisa meruntuhkan kekuasaan PKS nan telah berkuasa 20 tahun di Depok. Ia menyebut PKS sekarang tak percaya diri menghadapi Pilkada 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sangat percaya [runtuhkan kekuasaan PKS di Depok]. PKS itu enggak percaya diri juga saat ini dalam Pilkada," kata Hendrik kepada CNNIndonesia.com, Senin (13/5) malam.

Hendrik mengatakan PKS masih membutuhkan partai lain untuk berkoalisi di Pilkada Depok 2024. Padahal, menurutnya, PKS bisa mengusung kandidat sendiri.

"Mereka tetap butuh support partai lain kan? Mereka bisa ngusung sendiri kenapa kudu cari wakil dari partai lain?" kata Hendrik.

Hendrik mengatakan DPC PDIP Kota Depok telah mengeluarkan surat tugas kepada Sekretaris Daerah Kota Depok Supian Suri untuk maju sebagai bakal calon wali kota Depok.

"PDIP sudah memberikan surat tugas ke Pak Supian Suri untuk berkoordinasi dengan partai-partai koalisi," ujarnya.

Terpisah, Ketua DPC PPP Kota Depok Mazhab HM mengakui Koalisi Sama-Sama ini dibentuk sebagai kendaraan Supian Suri untuk maju di Pilkada Depok 2024.

"Koalisi Sama-Sama memang kendaraan diperuntukan untuk Supian Suri. Dari nama koalisinya saja identik dengan nama Supian Suri [SS]. Tinggal tunggu SK DPP masing-masing partai saja," kata Mazhab kepada CNNIndonesia.com.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Depok Edi Sitorus menjelaskan Koalisi Sama-Sama bakal menghadirkan perubahan nyata bagi Depok.

Ia pun mengatakan calon nan bakal diusung oleh koalisi ini nantinya mengerti persoalan kota dan mempunyai jejaring luas.

"Saya yakin, dengan kerja keras dan kesatuan nan kita miliki, kita dapat menghadirkan perubahan nan nyata bagi Kota Depok. Mari kita bergerak maju bersama-sama menuju masa depan nan lebih cerah," kata Edi dalam akun IG pribadinya @edisitorus_official.

DOMINASI PKS
DI PILKADA DEPOKFoto: CNN Indonesia/ Agder Maulana
DOMINASI PKSDI PILKADA DEPOK

PKS sukses menguasai Kota Depok dalam dua dasawarsa terakhir. Mereka menempatkan kader-kadernya menjadi wali kota Depok lewat pemilihan langsung ini.

Pada Pilkada 2024 ini, PKS bakal mengusung Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono untuk maju sebagai calon wali kota Depok.

Pada pemilu 2024 lalu, PKS diprediksi bisa memperoleh 13 bangku di DPRD Kota Depok.

Sementara Gerindra memperoleh 8 kursi, Golkar 7 kursi, PDIP 6 kursi, PKB dan Demokrat masing-masing 5 kursi, PPP dan PAN masing-masing 2 kursi. Sementara Nasdem dan PSI masing-masing 1 kursi.

(rzr/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional