AC Ventures Rilis Laporan Dampak AI dan GenAI di Sektor Jasa Keuangan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Perusahaan modal ventura AC Ventures merilis riset berjudul Harnessing the Power of (Gen) AI in Indonesian Financial Services. Laporan ini hasil kerja sama antara AC Ventures dengan Boston Consulting Group (BCG), dan unit kreasi serta teknologi BCG X, serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Dalam laporan ini 41 pemimpin upaya lembaga finansial dan lima startup fintech mengatakan pentingnya mengambil dan akibat AI serta GenAI di sektor jasa finansial di Indonesia.

Pendiri AC Venture Pandu Sjahrir mengatakan riset ini merupakan rekomendasi untuk pemerintah dan pemangku kebijakan nan bakal membangun kedaulatan digital untuk memperbaiki izin sekaligus percepatan investasi dalam prasarana lokal sekaligus pengembagan GenAI. 

“Ini bakal menjadi rekomendasi Kadin untuk pemerintah terpilih (Prabowo Subianto) mengingat pentingnya AI kepada masyarakat secara luas. Ini inisiatif Kadin dari bagian digital finansial untuk menjadi rekomendasi pertama,” kata Pandu, nan juga Kepala Ekonomi dan Financial Technologi Kadin, di instansi pusat AC Ventures, Jakarta Selatan, pada Rabu, 14 Agustus 2024. 

Pandu mengatakan rumor AI dan GenAI krusial dimunculkan ketika pemerintah sedang menggagas peningkatan infrastruktur daya Indonesia  yang terbarukan dengan pembiayaan berkelanjutan. Dia menyebut AI dan GenAI mempunyai potensi untuk meningkatkan ekonomi dengan mentransformasikan seluruh sektor bisnis. 

“Mentransformasikan tidak hanya sektor swasta, tetapi juga perusahaan milik negara dan lembaga pemerintah. Implementasi nan efektif memerlukan pusat info nan berkepanjangan nan didukung oleh daya terbarukan, undang-undang privasi nan ketat, dan kemitraan publik-swasta nan kuat,” kata dia. 

Selain itu, Pandu mengatakan upaya ini juga mesti diikuti dengan penekanan atas pentingnya keamanan siber untuk melindungi aset info nasional. Senyampang itu, laporan ini juga menjadi bahan masukan untuk White Paper Arah Pembangunan dan Kebijakan Bidang Ekonomi 2024-2029 nan tengah disusun oleh Kadin Indonesia.

Selanjutnya: Laporan Harnessing the Power of (Gen) AI in Indonesian Financial Services....

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis