Adam Deni Divonis 6 Bulan Penjara Kasus Fitnah Ahmad Sahroni

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 04 Jun 2024 16:10 WIB

Vonis terhadap Adam Deni dalam kasus tuduhan terhadap Ahmad Sahroni lebih rendah dari tuntutan jaksa nan sebelumnya menuntut 1 tahun bui. Terdakwa kasus dugaan pelanggaran Undang-Undang (UU) ITE Adam Deni Gearaka. (ANTARA FOTO/RENO ESNIR)

Jakarta, CNN Indonesia --

Terdakwa Adam Deni Gearaka divonis dengan pidana enam bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dalam kasus tuduhan Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni.

"Mengadili, Menyatakan terdakwa Adam Deni terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana memfitnah sebagaimana dalam dakwaan primer penuntut umum," ujar pengadil dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Selasa (4/6).

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Adam Deni oleh lantaran itu dengan pidana penjara selama 6 bulan," sambung hakim.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hakim turut mempertimbangkan sejumlah keadaan nan memberatkan dan meringankan dalam menjatuhkan putusan tersebut.

Vonis pengadil tersebut lebih rindang dibandingkan tuntutan jaksa nan dibacakan dalam gelaran sidang sebelumnya. Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum menuntut majelis pengadil menjatuhkan balasan pidana penjara selama satu tahun kepada terdakwa.

Adapun mengenai vonis nan dijatuhkan majelis pengadil PN Jakput itu, Adam Deni menyatakan menerima atas putusan tersebut. Sementara itu, jaksa penuntut umum menyatakan pikir-pikir.

Sebelumnya, Adam Deni didakwa melakukan tuduhan dan pencemaran nama baik Ahmad Sahroni.

Tindak pidana tersebut berasal pada Selasa, 28 Juni 2022. Saat itu, Adam Deni dan saksi, Ni Made Dwita Anggari, akan menjalani sidang putusan kasus akses terlarangan di PN Jakarta Utara.

Pada saat sebelum sidang, Adam Deni mengeluarkan pernyataan pers nan pada pokoknya berisi tuduhan dan pencemaran nama baik.

"... makanya saya lihat di sini gimana norma bekerja, bekerja untuk negara alias bekerja untuk Wakil Ketua Komisi III DPR RI nan memang gimana wewenangnya di bagian norma gitu aja kita lihat kelak ya mudah-mudahan hakimnya tetap punya hati mau bekerja untuk negara," jelas jaksa membacakan surat dakwaan.

"... saya mikirnya gini loh, 'harga untuk seorang Adam Deni ditahan sangat mahal bisa lebih Rp30 miliar lantaran apa? Penangkapan saya cepat, penahanan saya cepat, P21 (berkas perkara dinyatakan lengkap) saya juga cepat, tuntutan saya tinggi, lenyap berapa puluh miliar kerabat AS untuk membungkam saya?" lanjut jaksa dalam dakwaan tersebut.

(pop/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional