Adik Mantan Ajudan Jokowi Daftar Calon Bupati Boyolali via Gerindra

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Solo, CNN Indonesia --

Seorang ASN Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Agus Irawan mendaftar penjaringan bakal calon Bupati Boyolali 2024 lewat partai Gerindra. Staf Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Solo itu pun mengusulkan libur di luar tanggungan negara (CLTN).

Agus dikenal pula sebagai adik dari mantan ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi), David Agus Yunanto.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Boyolali, Rahmat Junaidi membenarkan Agus telah mendaftar lewat partainya, Rabu (5/6) kemarin.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Betul. Sudah mendaftar, ini sedang proses penjaringan," kata Rahmat melalui telepon, Senin (10/6).

Rahmat tak menampik partainya melirik Agus lantaran kedekatannya dengan lingkaran Jokowi.

Selain berstatus sebagai ASN di bawah kepemimpinan Gibran, Agus adalah adik dari mantan ajudan Jokowi saat tetap menjadi Wali Kota Solo.

"Efeknya aja nan kita ambil, bahwa tetap ada aroma Pak Jokowi ini nan semoga bisa membantu kami di Boyolali," kata Rahmat.

Bahkan awalnya, kata dia, Gerindra mewacanakan David untuk maju di Pilkada Boyolali 2024. Namun Rahmat menyatakan David tetap sibuk membantu Presiden Jokowi melewati proses transisi pemerintahan.

"Akhirnya ya ini. Adiknya ditunjuk atas petunjuk dari kakaknya," kata Rahmat.

Namun Rahmat menegaskan majunya Agus dari partai Gerindra tidak semata-mata lantaran kedekatan dengan Jokowi. Agus dinilai mempunyai kesamaan visi dengan partai ketua Presiden terpilih, Prabowo Subianto itu.

"Tapi tidak secara langsung ketergantungan kepada beliau (Jokowi). Saya rasa tidak. Kami memandang tekad, semangat, kemudian juga keahlian beliau kami anggap bisa sebagai representasi dari family Mas David," kata Rahmat.

Agus bukan satu-satunya bakal calon Bupati Boyolali nan mendaftar lewat Partai Gerindra. Rahmat menjelaskan sudah ada tiga orang nan mendaftar sebagai bakal calon kepala wilayah Boyolali lewat Gerindra.

"Sebelumnya ada Jumaryanto, Crazy Rich dari Wonogiri. Kemudian ada dr Fauzan Aris Munandar itu original putra daerah. Kemudian Pak Mulyadi mendaftar sebagai bakal calon wakil bupati," katanya.

Semua nama tersebut, sudah disampaikan kepada Partai Golkar dan PKB nan merupakan rekan koalisi Partai Gerindra di Boyolali. Tiga partai tersebut sudah memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon bupati-wakil bupati di Pilkada Boyolali 2024.

"Tentunya bakal dibahas di internal masing-masing. Untuk finalisasi, kelak ya tetap bertiga. Dari masing-masing partai kelak pandangannya seperti apa kelak menjadi keputusan berbareng di Koalisi," katanya.

(syd/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional