Aeroflot Rusia Buka Penerbangan Langsung Moskow-Denpasar Mulai 17 September

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Maskapai milik Rusia, Aeroflot, membuka penerbangan langsung (direct flight) untuk rute Moskow (SVO) - Denpasar, Bali (DPS) mulai 17 September. Penerbangan bakal dilakukan dari Moskow ke Denpasar dua kali seminggu.

Mulai 3 Oktober 2024, Aeroflot bakal meningkatkan gelombang penerbangan langsung dari dua kali menjadi tiga kali penerbangan dalam seminggu.

Maskapai nasional Negara Beruang Merah itu memang menyediakan rute penerbangan langsung Rusia-Bali untuk bulan September hingga Oktober di tahun ini. Hal ini dilakukan pertama kalinya sejak perbatasan internasional dibuka kembali pasca-pandemi Covid-19. 

Pada bulan Juli tahun ini, Presiden Terpilih Prabowo Subianto juga mengungkapkan support untuk peluncuran penerbangan langsung dari Rusia ke Bali itu. "Kami percaya bahwa Aeroflot dapat mengoperasikan penerbangan langsung ke Bali,” tutur Prabowo, dilansir dari laman Interfax.

Sebelumnya, Aeroflot Group mengoperasikan penerbangan langsung ke Bali empat tahun lalu. Pada Agustus 2020, penerbangan ini dihentikan sementara di tengah pandemi dan belum pernah dilanjutkan lagi sejak saat itu.

Lebih lanjut, Prabowo mengungkapkan, “Kami juga mendukung kemungkinan Aeroflot tidak hanya mengoperasikan penerbangan langsung, tetapi juga maskapai lain," ungkap Menteri Pertahanan RI itu saat berjumpa dengan Presiden Vladimir Putin dalam kunjungan kerjanya ke Moskow.

Iklan

Membeli dan mendaftarkan ulang pesawat dari registrasi asing ke registrasi Rusia mengurangi akibat pembatasan pengoperasian penerbangan ke luar negeri. Presentasi Aeroflot menunjukkan bahwa 185 pesawat dari 271 pesawat Boeing dan Airbus dalam armada grup tersebut telah "dibebaskan" dari registrasi asing.

Dilansir dari laman Airwaysmag, penerbangan bakal dioperasikan dengan pesawat Airbus A350-900, nan dapat menampung hingga 316 penumpang dengan penawaran tiga kabin. Menurut info nan disediakan oleh platform kajian maskapai Cirium, penerbangan ini menyediakan 28 bangku di Kelas Bisnis, 24 di Ekonomi Premium, dan 264 bangku di kelas Ekonomi.

Jadwal penerbangan keluar (SU 296) bakal dilakukan pada hari Selasa dan Sabtu. Pesawat diberangkatkan dari Bandara Internasional Alexander S Pushkin (SVO) Sheremetyevo pada pukul 14.40 (waktu setempat) dan diestimasi tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (DPS) pada pukul 08.05 keesokan paginya (waktu setempat).

Untuk agenda penerbangan kembali (SU 297) bakal dioperasikan dari DPS pada hari Rabu dan Minggu. Keberangkatannya dilakukan pada pukul 10.05 (waktu setempat) dan tiba di SVO pada hari nan sama pukul 17.55 (waktu setempat).

Pilihan Editor: Segini Besaran Anggaran Sosialisasi Makan Bergizi Gratis, Rinciannya?

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis