Airlangga Targetkan 41 Proyek Strategis Nasional Rampung Tahun Ini

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Koordinator bagian Perekonomian, Airlangga Hartarto menargetkan 41 Proyek Strategis Nasional (PSN) selesai di tahun ini. Nilai keseluruhan proyek tersebut sebesar Rp 554 triliun.

"Target kudu selesai di 2024," ujar Airlangga dalam rapat Kerja Nasional Percepatan dan Pra Evaluasi PSN di Jakarta, Selasa, 14 Mei 2024.

Secara kumulatif, 198 proyek telah selesai sejak 2016. Total realisasinya mencapai Rp 1.614 triliun dengan melibatkan tenaga kerja 2,71 juta orang. Ada 44 proyek dan 3 program tetap dalam tahap konstruksi. 

Pemerintah juga menargetkan pembangunan proyek mineral kritis sebanyak 16 proyek dengan nilai investasi Rp 248 triliun, nan terbagi atas hilirisasi nikel, tembaga, bauksit, alumina, dan pasir besi menjadi pig iron. 

Pembangunan PSN nan bakal dilanjutkan oleh pemerintahan di periode berikutnya adalah Proyek Strategis nan tidak memerlukan APBN, seperti PIK dan BSD. Artinya, proyek-proyek tersebut mendapat support dari sisi insentif untuk pengurusan tanah dan kemudahan perolehan izin. 

Iklan

Dari 41 sasaran PSN di tahun ini, menurut Airlangga, ada beberapa rumor strategis nan tetap kudu diselesaikan, ialah perizinan dan pengadaan lahan. 

Dalam pertemuan terakhir dengan Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Airlangga mengatakan Jokowi telah meminta penyediaan lahan pelepasan area rimba dan publikasi perizinan untuk Proyek Strategis Nasional alias PSN. Jokowi menginstruksikan Menteri dan Kepala Lembaga mengenai untuk menyelesaikan masalah tersebut agar sasaran PSN tepat waktu.

Pilihan Editor: Wamenkeu: Tingkat Pengangguran 2024 Turun, Lebih Rendah dari Sebelum Pandemi

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis