Aksi Bela Palestina di Depan Kedubes AS dan Mesir, Lalin Macet Parah

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 19 Mei 2024 10:09 WIB

Aksi massa berbusana dominan putih dan hitam memadati sebagian badan jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat sejak pukul 08.00 WIB. Massa melangkah kaki dari Kedubes AS sekitar pukul 09.00 WIB dengan iring-iringan mobil komando dan ambulans. Lalu lintas baik dari arah Tugu Tani ke arah Gambir, Jakarta Pusat maupun sebaliknya terpantau tersendat. (CNN Indonesia/Chandra Erlangga)

Jakarta, CNN Indonesia --

Aksi massa bela Palestina di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS) jalan berbareng menuju Kedubes Mesir, Minggu (19/5).

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, sejumlah massa melangkah kaki dari Kedubes AS sekitar pukul 09.10 WIB dengan iring-iringan mobil komando dan ambulans. Lalu lintas baik dari arah Tugu Tani ke arah Gambir, Jakarta Pusat maupun sebaliknya terpantau tersendat.

Sejumlah tindakan massa berbusana dominan putih dan hitam mulai memadati sebagian badan jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat sejak pukul 08.00 WIB.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam perjalanan sekira 1,9 kilometer ini, para demonstran menyuarakan tindakan bela Palestina. Rencananya tindakan massa bakal menyuarakan tujuh tuntutan di depan instansi Kedubes Mesir.

Dalam orasinya massa menuntut gencatan senjata dan menyuarakan untuk kemerdekaan dan kebebasan di Palestina oleh zionis.

Salah satu pemimpin tindakan menyuarakan tujuh tuntutan lewat pengeras bunyi mulai dari kecaman serangan hingga boikot produk terafiliasi Israel.

"Kami rakyat Indonesia menyatakan. Pertama, mengecam keras dan melaknat upaya genosida Israel terhadap rakyat Palestina," kata pemimpin aksi, Minggu (19/5).

Kedua, zionis Israel tidak dibantah lagi adalah musuh umat manusia.

Ketiga, mengutuk keras support AS serta sekutunya terhadap zionis Israel nan telah nyata menjadi musuh umat manusia

Keempat, menuntut negara Arab sekitar Palestina terkhusus Mesir nan berdekatan dengan Gaza untuk memberikan support militer minimal mengusir tentara kolonialis Israel dari perbatasan Rafah agar support kemanusiaan kembali masuk ke dalam Gaza.

Kelima, menuntut penduduk Indonesia untuk bersikap lebih keras kepada kolonialis zionis Israel dan sekutunya kepada rakyat Palestina sesuai UUD 1945

Keenam, menyerukan agar aktivitas boikot terhadap produk-produk terafiliasi alias mendukung kolonialisme zionis kembali diperkuat sebagai bukti nyata pembelaan kepada rakyat Palestina

Terakhir, menyerukan kepada umat islam agar terus mendoakan dan membacakan qunut nazilah agar Allah SWT menolong perjuangan rakyat Palestina dan menghancurkan zionis Israel.

(can/mik)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional