RK-Suswono Gagas Program Umrah dan Haji bagi Marbot Masjid

Sedang Trending 3 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 01 Okt 2024 03:40 WIB

Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) menggagas program umrah dan haji bagi marbot, pengurus masjid, dan pengurus DMI (Dewan Masjid Indonesia). Pasangan calon nomor urut 1 di Pilkada Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono alias RIDO. (ANTARA FOTO/FAUZAN)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pasangan calon nomor urut 1 di Pilkada Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) menggagas program umrah dan haji bagi marbot, pengurus masjid, dan pengurus DMI (Dewan Masjid Indonesia).

RK, sapaan berkawan Ridwan Kamil, menyebut pendapat itu untuk mengapresiasi mereka nan tak kenal capek dan tanpa hari libur mengurus rumah ibadah.

"Salah satu nan kelak diperjuangkan adalah program umroh haji buat marbot ya, pengurus masjid termasuk pengurus DMI-nya juga, ketua, sekretaris, bendaharawan nan memang satu minggu tidak libur juga," kata RK di Jakarta Utara, Senin (30/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

RK menyebut pembiayaan pendapat program itu tak kudu melulu dengan menggunakan duit negara. Ia pun menjelaskan pembiayaan pendapat ini masuk dalam program Dana Operasional Rumah Ibadah (DORI).

RIDO mau memberikan support finansial nan berasal dari pemerintah alias lembaga lain terhadap aktivitas operasional, perawatan, dan jasa sosial di rumah ibadah.

Selain untuk umrah dan haji, mereka juga bisa mendapatkan alokasi penghasilan melalui program tersebut. Nantinya, Dana Operasional Rumah Ibadah bakal diserahkan lewat organisasi keagamaan, seperti DMI untuk masjid dan mushola, dan KWI/PGI untuk gereja.

Pada hari ini, RK bersilaturahmi ke kediaman Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jakarta KH. Ma'mun Al-Ayyubi dan jejeran di Jakarta Urara, Senin (30/9). Usai pertemuan itu RK mengatakan 90 persen aspirasi nan disampaikan adalah mengenai dengan anggaran untuk masjid.

Pengurus teras DMI berambisi RIDO akanmempertahankan serta meningkatkan anggaran untuk masjid jika terpilih menjadi Gubernur Jakarta dalam Pilkada 2024.

"Ada usulan kegiatan-kegiatan di masjid tolong disupport. Saya kira itu menjadi catatan, kelak jika memang terpilih tentu aspirasi itu kami perjuangkan," ujarnya.

(mnf/wiw)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional