Alasan KKP Produksi Susu Ikan: Agar Masyarakat Dapat Asupan Protein Selain Susu Sapi

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Pengolahan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Widya Rusyanto mengatakan pembuatan susu ikan bermaksud untuk memberi masyarakat asupan protein lebih tinggi selain susu sapi. Ia menyatakan penyebutan susu ikan hanya menjadi branding pemasaran agar lebih dikenal oleh masyarakat.

"Nah, kami branding menjadi susu ikan agar mudah dikenal masyarakat dan kita sama-sama tahu, kita berambisi masyarakat bisa mendapatkan asupan protein nan lebih tinggi di luar dari susu sapi alias susu mamalia lainnya," jelas Widya dalam konvensi pers di PT. Berikan Bahari Indonesia Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pada Rabu, 18 September 2024.

Widya mengungkapkan susu ikan nan diproduksi merupakan produk turunan dari Hidrolisat Protein Ikan alias HPI. Ia menegaskan susu ikan alias minuman susu berprotein nan rencananya bakal didistribusikan memang berbahan dasar ikan. "Terkait susu ikan, susu ikan ini merupakan salah satu produk turunan dari HPI, jadi jika bicara susu ikan, ini sebenarnya merupakan minuman nan berprotein nan berasal dari ikan, dari Hidrolisat Protein Ikan," ujarnya.

Sementara itu, CEO PT. Berikan Bahari Indonesia, Yogi Aribawa mengungkapkan teknologi nan dipakai dalam memproduksi HPI sudah ada di beragam negara selain Indonesia. Meskipun begitu, dia menyatakan jika perusahaannya sebagai pembuka jalan dalam industri produk HPI.

"Jadi sebenernya Hidrolisat Protein ini sebenarnya teknologinya sudah ada, di bumi pun sudah ada tapi memang untuk di Indonesia itu memang belum terlalu berkembang ya. Jadi kita nan menjadi pionir lah ya untuk bisa mengembangkan ini menjadi segala industri," ujarnya dalam kesempatan nan sama.

Iklan

Lebih lanjut, Yogi mengatakan penyebutan susu ikan hanya istilah nan dipakai untuk pemasaran susu di masyarakat. Ia menilai susu ikan alias minuman susu protein juga sudah ada diberbagai negara.

"Kita jadi pionirnya untuk skala industrinya. Apakah susu ikan pertama di dunia, mungkin terminologi susu ikannya iya, tapi jika untuk minuman berprotein dari ikan, sebenarnya di bumi juga sudah ada," kata Yogi.

Pilihan editor: Ubedilah Badrun Sebut Alasan Kaesang Nebeng Jet Pribadi Benarkan Dugaan Gratifikasi

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis