Alat Skrining Virus Mpox Dipasang di Bandara Soetta

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 01 Sep 2024 14:29 WIB

Pemasangan thermal scanner ini sebagai langkah mencegah virus MPox terbawa visitor mancanegara. Alat penemuan pandemi MonkeyPox di Bandara Soetta. (iStockphoto/MicroPixieStock)

Jakarta, CNN Indonesia --

PT Angkasa Pura II (Persero), selaku pengelola utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, kembali menerapkan standar protokol kesehatan dengan memasang perangkat penemuan suhu tubuh (thermal scanner) di area kehadiran internasional Terminal 2 dan Terminal 3 sebagai mencegah adanya virus MonkeyPox (Mpox).

Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta, M. Holik Muardi menyampaikan pemasangan thermal scanner ini sebagai langkah mencegah virus MPox terbawa visitor mancanegara.

"Kami telah mengimplementasikan beragam langkah proaktif untuk mencegah penyebaran virus monkeypox di Bandara Soekarno-Hatta," kata Holik di Tangerang, Minggu, (1/9) dikutip dari Antara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kami bekerja sama erat dengan Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan (BBKK) dan beragam pihak terkait, memastikan bahwa setiap penumpang nan memasuki Indonesia telah melalui proses screening nan komprehensif dan sesuai dengan protokol kesehatan nan ditetapkan," imbuh Holik.

Ia menyebut, dengan mengedepankan kesehatan dan keselamatan penumpang serta personel bandara, langkah-langkah pencegahan telah diperkuat dan difokuskan pada penemuan dini, penanganan nan tepat, dan penyediaan akomodasi nan memadai.

"Untuk menghadapi ancaman penyebaran monkeypox, Bandara Soekarno-Hatta telah melakukan beragam langkah kolaboratif dengan beragam lembaga terkait," ucapnya.

Menurut AP II, salah satu langkah nan dilakukan, ketika ditemukan suspect monkeypox di area kehadiran internasional adalah pemisahan penumpang nan terindikasi mempunyai indikasi dari penumpang lainnya.

"Penumpang nan diduga terinfeksi monkeypox bakal langsung diarahkan ke ruang isolasi sementara nan telah disiapkan unik di bandara. Di ruang isolasi ini, penumpang bakal menjalani pemeriksaan medis lanjutan oleh tim kesehatan nan selalu siaga 24 jam. Jika penumpang tersebut terkonfirmasi mempunyai indikasi nan sesuai dengan monkeypox," paparnya.

(Antara/mik)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional