Anggaran Kementerian Pariwisata Batal Naik

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Rapat kerja Komisi X DPR RI pada Rabu, 11 September 2024 memutuskan pagu anggaran definitif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tahun anggaran 2025 tetap sebesar Rp 1,7 triliun. Menparekraf Sandiaga Uno mengaku perihal itu tidak menjadi soal meskipun dia sempat berambisi ada kenaikan anggaran.

“Percayalah bapak ibu sekalian, setiap sen nan bakal diberikan kepada kami, walaupun tidak ada peningkatan, bakal kami gunakan untuk kemajuan Parekraf menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Sandiaga dalam Raker di Gedung DPR RI.

Sandiaga mengungkapkan tetap bersyukur. Terutama jika menilik beberapa kementerian lain nan anggarannya tidak sebesar Kemenparekraf.

“Kami tetap optimis walaupun anggaran tidak naik sudah diputus, tapi semangat maju terus,” kata politisi PPP tersebut.

Sementara itu, personil komisi X DPR RI fraksi Golkar, Hetifah Sjaifudian mengungkapkan penentuan anggaran ini telah melalui proses panjang. Ia berambisi alokasi ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mencapai sasaran kementerian dan sasaran prioritas nasional.

Pada rapat berbareng komisi X 7 September lalu, Sandiaga sempat menyampaikan permintaannya agar alokasi anggaran Kemenparekraf bisa naik menjadi Rp 3,05 triliun pada tahun anggaran 2025 mendatang. Baginya, banyak program nan perlu kucuran duit lebih.

Iklan

“Terutama program-program seperti desa wisata, sdm nan juga mengangkat apresiasi para pelaku seni dan kerajinan di masing-masing daerah,” katanya Sandi pada 7 September lalu.

Permintaan itu, menurut Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda sempat dibahas di Badan Anggaran (Banggar) DPR RI. Namun, rupanya raker hari ini memutuskan bahwa tidak ada penambahan biaya bagi kementerian nan berkantor di Jalan Merdeka Barat tersebut.

Bagus Pribadi berkontribusi pada tulisan ini.

Pilihan Editor: Budi Arie soal Jet Pribadi nan Digunakan Kaesang: Erina Lagi Hamil, Gak Boleh Naik Angkutan Umum

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis