Rencana Jokowi usai Pelantikan Prabowo-Gibran: Pulang ke Solo Naik Pesawat Komersial dan Tidur

Sedang Trending 5 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Jokowi berencana langsung pulang ke Solo, Jawa Tengah, seusai pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan anak sulungnya Gibran Rakabuming Raka sebagai wapres pada Minggu, 20 Oktober 2024.

"Pada tanggal 20 Oktober 2024 sore, saya pulang ke Solo," ujar Presiden usai menghadiri pembukaan BNI Investor Daily Summit 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa, 8 Oktober 2024.

Presiden mengaku tidak ada aktivitas setelah aktivitas pelantikan tersebut. Jokowi bakal beristirahat setelah sampai Solo. "Pulang ke Solo dahulu, tidur," katanya.

Presiden meyakini transisi pemerintahan bakal melangkah mulus dan langsung bergerak tanpa jarak lantaran Prabowo Subianto selalu menghadiri rapat dan sidang kabinet untuk konsolidasi sejak KPU RI menetapkannya sebagai presiden terpilih pada Pemilu 2024.

"Yang saya senang, sejak beliau (Prabowo) terpilih sebagai presiden, persiapan menuju ke pelantikan itu betul-betul secara rencana kerja, program, dan lain-lain, transisinya melangkah dengan baik," kata Jokowi.

Jika sebelumnya Prabowo selaku Menteri Pertahanan hanya datang untuk urusan pertahanan di sidang kabinet, kata Jokowi, setelah menjadi calon presiden terpilih pada Pilpres 2024, dia datang di semua rapat terbatas dan rapat paripurna.

Presiden Joko Widodo sudah berulang kali menyampaikan bahwa dia bakal pulang ke Solo setelah tak lagi menjabat pada 20 Oktober 2024. bakal digantikan oleh Prabowo Subianto nan bakal dilantik pada hari nan sama saat dia purna tugas.

“Saya mau pulang ke Solo he-he-he. Tanggal 20 kelak pulang ke Solo,” ucap Jokowi memberikan keterangan di depan Istana Negara, Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, pada Kamis, 12 September 2024.

Pernyataan Jokowi tersebut mengulang beragam keterangan dia terdahulu. Kepala negara menegaskan ini sekali lagi saat ditanya kesempatan berasosiasi menjadi personil Dewan Pertimbangan Presiden setelah perubahan Undang-Undang Wantimpres. 

Tiga narasumber nan mengetahui rencana Jokowi pulang ke Solo menceritakan kepada Tempo, bahwa mantan wali kota Solo itu bersiap kembali ke rumahnya di Kecamatan Sumber, Surakarta, dengan pesawat komersial.

Jokowi sedang membangun rumah pensiun jatah dari negara di Colomadu, Karanganyar, kabupaten nan berbatasan dengan Solo.

Pendukung Jokowi dari Projo sampai Alap-alap

Seperti saat terbang dari Solo ke Jakarta untuk menjadi calon gubernur pada 2012, Jokowi direncanakan duduk di bangku kelas ekonomi. Di Bandara Adi Soemarmo, dia bakal disambut oleh para relawannya.

Pendukung ekstrem Jokowi membentuk sejumlah organisasi mulai dari Projo (Projokowi), Pasukan Bawah Tanah Jokowi sampai Alap-alap Jokowi.

Iklan

Projo dikenal lantaran merupakan salah satu relawan darat terbesar dan mempunyai status resmi organisasi kemasyarakatan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Ciri unik Projo adalah berkarakter sukarela, terbuka, sosial, tidak membeda-bedakan ras, suku, agama, golongan, serta latar belakang sosial politik kemasyarakatan.

Seperti Jokowi, Projo juga mendeklarasikan support secara resmi kepada Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024.

Relawan Alap-Alap Jokowi alias AJJ menuai perhatian setelah memasang iklan bergambar Presiden Joko Widodo alias Jokowi dan Iriana baru-baru ini di Jalan Adi Sucipto, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dalam iklan tersebut, Jokowi disebut sebagai pembimbing bangsa.

“Terima kasih Pak Jokowi & Bu Iriana. Teruslah menjadi Guru Bangsa. Doa kami selalu...” demikian bunyi tulisan dalam Baliho nan terletak di bilangan lahan rumah pensiunan Jokowi ini.

Ketua Umum Relawan Alap-Alap Jokowi, Muhammad Isnaini, mengakui bahwa baliho Jokowi tersebut dipasang oleh pihaknya. Isnaini menjelaskan pemasangan iklan tersebut sebagai ungkapan terima kasih kepada Jokowi dan Iriana. Menurut Isnaini, pihaknya merasa terhormat menjadi relawan Jokowi.

“Hanya ucapan terima kasih lantaran kebanggaan kami,” kata Isnaini kepada Tempo saat dimintai konfirmasi tentang pemasangan iklan Jokowi itu, Jumat, 4 Oktober 2024.

Alap-Alap Jokowi alias AJJ merupakan julukan untuk relawan golongan pendukung Jokowi nan aktif memihak dan mempromosikan kebijakannya. Relawan ini juga dikenal dengan ideologinya nan disebut “Jokowisme”. Belakangan diketahui visi mereka termasuk menyuarakan ideologi ini.

Hal itu terungkap saat musyawarah nasional (Munas) nan pertama mereka nan digelar di Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu, 27 Juli 2024 lalu. Dalam agenda nan juga dihadiri dan dibuka Presiden Jokowi ini, selaku patron organisasi, AJJ memperkenalkan ideologi Jokowisme sebagai visi organisasi.

Pasukan Bawah Tanah Jokowi alias Pasbata adalah golongan relawan nan mengaku-ngaku mendukung Jokowi dan keluarganya. Pasbata sebelumnya melaporkan Roy Suryo, lantaran mengatakan bahwa akun Fufufafa di Kaskus 99 persen milik Gibran. Roy dilaporkan dengan tuduhan telah melanggar UU ITE lantaran menyebarkan buletin bohong. 

Sekretaris Jenderal Pasukan Bawah Tanah Jokowi (Pasbata), Sri Kuntoro Budiyanto menyatakan pasukannya bakal menggeruduk Bareskrim Polri jika laporannya atas, Roy Suryo, diproses dengan lambat. “Mendorong bisa segera dipanggil Roy Suryo oleh Bareskrim,” ucap Budi saat dihubungi Tempo pada Sabtu, 5 Oktober 2024.

ANTARA | TIM TEMPO

PIlihan Editor Hakim Menuntut Kenaikan 142 Persen, Ini Tunjangan Mereka jika Dikabulkan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis