Anggaran Sosialisasi Program Makan Bergizi Gratis Mencapai Rp 10 Miliar, Budi Arie: Untuk Penyadaran Masyarakat

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengaminkan penganggaran biaya Rp 10 miliar untuk mempromosikan dan menggelar diseminasi info tentang program makan bergizi cuma-cuma pada tahun 2025.

“Anggaran nan di DPR itu memang kami untuk mendukung sosialisasi. Soal bentuknya seperti apa ini (sosialisasi) kelak makan bergizi cuma-cuma kan perlu penyadaran pemahaman dari masyarakat mengenai guna dan fungsinya,” katanya di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat pada Rabu, 11 September 2024.

Program makan bergizi cuma-cuma awalnya adalah program makan siang cuma-cuma nan dijanjikan oleh pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat maju sebagai calon presiden dan wakil presiden. Setelah terpilih sebagai presiden dan wakil presiden, Prabowo-Gibran bersiap untuk mewujudkan janji tersebut. 

Budi mengatakan, dari program makan bergizi cuma-cuma itu, Kominfo mengharapkan partisipasi masyarakat kontrol dari masyarakat dan sebagainya. “Itu kelak soal metodenya kami rancang lagi gimana corak sosialisasi nan tepat dan efektif untuk masyarakat,” katanya.

Sebelumnya, dia menyatakan menganggarkan biaya Rp 10 miliar untuk mempromosikan dan menggelar diseminasi info tentang program makan bergizi cuma-cuma pada tahun 2025. Program termasuk salah satu program unggulan Pemerintah Prabowo Subianto pada periode 2025-2029. 

Pernyataan tersebut oleh Budi Arie dalam Rapat Kerja Penyesuaian Rencana Kerja Anggaran (RKA) Kementerian Kominfo tahun 2025.

Iklan

"Berdasarkan info banggar DPR RI nan kami terima pada hari Selasa tanggal 10 September 2024, terdapat penambahan alokasi anggaran sebesar Rp 10.000.000.000 untuk Kemenkominfo sehingga pagu anggaran Kemenkominfo menjadi Rp 7.728.907.593.000. Diusulkan penambahan tersebut dialokasikan untuk pengelolaan dan diseminasi info tematik program makan bergizi," kata Budi Arie dalam rapat nan berjalan di Jakarta, Selasa, 10 September 2024.

Nantinya, kata Budi Arie, pengelolaan diseminasi info tema untuk program makan bergizi bakal masuk dalam bagian program kerja komunikasi publik nan dikerjakan oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik serta lembaga kuasi publik.

Untuk mengkomunikasikan program unggulan itu ke publik secara lebih luas, Kementerian Kominfo menyiapkan rencana untuk mendiseminasikan info publik program-program prioritas bagian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) serta bagian Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam).

Pilihan Editor: Budi Arie soal Jet Pribadi nan Digunakan Kaesang: Erina Lagi Hamil, Gak Boleh Naik Angkutan Umum

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis