Anggota DPR Diberi Tenggat Akhir Oktober Kosongkan Rumah Jabatan

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 07 Okt 2024 15:31 WIB

Sekjen DPR mengatakan berasas rapat konsultasi di instansi dewan, pemisah pengosongan rumah kedudukan personil adalah sampai pada akhir Oktober ini. Salah satu bagian dalam rumah kedudukan personil DPR di area Kalibata, Senin (7/10/2024). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Indra Iskandar mengatakan Anggota DPR periode 2024-2029 diberi tenggat waktu hingga akhir Oktober 2025 ini untuk mengosongkan rumah kedudukan personil (RJA) di Kalibata, Jakarta Selatan.

Anggota DPR periode 2024-2029 diketahui tak lagi mendapat rumah jabatan. Sebagai gantinya mereka bakal mendapat tunjangan setiap bulan.

"Sesuai dengan rapat konsultasi di DPR, jadi pemisah dari pengosongan itu diberikan waktu sampai dengan akhir Oktober ya, lantaran tentu personil nan terpilih lagi ataupun personil baru nan dari wilayah butuh waktu untuk mencari hunian, tempat tinggal," kata Indra di RJA Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (7/10).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menjelaskan di komplek RJA Kalibata ada sekitar 596 rumah kedudukan yang terbagi atas 516 unit di Blok A-E dan 80 unit di Blok F.

Indra mengatakan ada sekitar 45 persen rumah nan tetap layak. Namun, kata dia, secara proporsional dan objektif, rumah dengan kategori layak itu juga tidak layak untuk pejabat negara.

"Rumah nan dalam kondisi baik pun sebenarnya itu pun untuk, saya menyampaikan dalam kerangka nan proporsional dan objektif ya, untuk sebuah kediaman pejabat negara itu tetap di bawah kepantasan saat ini," katanya.

Ia mengatakan besaran tunjangan setiap bulan nan bakal diterima personil DPR tetap dihitung.

Indra menjelaskan salah satu nan menjadi pertimbangan adalah nilai sewa rumah di Jakarta.

"Kalau misalnya teman-teman mendengar di DPRD, provinsi alias kabupaten kota, duit perumahannya Rp40 juta, Rp50 juta, tentu secara apple to apple kita juga kudu memandang apakah Jakarta dengan tempat lain itu besaran properti, nilai properti itu sama, sewanya. Saya kira itu juga kudu jadi pertimbangan kami," kata Indra.

Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR sebelumnya mengumumkan DPR periode 2024-2029 tak lagi mendapat rumah dinas. Sebagai gantinya mereka bakal mendapat tunjangan setiap bulan. Penghapusan rumah dinas dikarenakan kondisi nan sudah tua.

(yoa/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional