Anies, Rano Karno, Kaesang Ramaikan Bursa Calon Gubernur Jakarta

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Partai-partai politik tengah bersiap menghadapi pemilihan gubernur-wakil gubernur Jakarta di Pilkada 2024. Pendaftaran pasangan calon digelar sekitar tiga bulan lagi, tepatnya pada 27-29 Agustus 2024.

Kandidat potensial sudah mewarnai pembicaraan publik. Terbaru, PDIP mengkaji nama Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menpan RB Abdullah Azwar Anas, hingga Anies Baswedan.

"Kami bakal betul-betul melakukan kajian secara komplit termasuk usulan misalnya Pak Anies. Bahkan ada usulan kemarin Mas Pramono Anung, dengan pengalamannya nan sangat luas. Ada usulan Pak Abdullah Azwar Anas keahlian reformasi birokrasi, ada nama Pak Basuki Menteri PU, ada nama Pak Ahok," kata Hasto di Kampus UI, Depok, Jawa Barat, Senin (3/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara itu, DPD Gerindra Jakarta mau mengusung kadernya sendiri. Mereka sudah mengusulkan empat nama kadernya ke DPP Gerindra untuk diusung.

Mereka ialah, Budisatrio Djiwandono, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Ariza Patria, dan Rani Mauliani. Merespons itu, Budisatrio membantah bakal maju di Pilgub Jakarta nanti. Ia mengaku bakal melanjutkan posisinya sebagai personil DPR RI Periode 2024-2029.

"Saya sudah menerima pengarahan dari Ketua Dewan Pembina/Ketua Umum Partai Gerindra Pak Prabowo untuk terus melanjutkan perjuangan di parlemen," kata Budi lewat pesan singkat, Kamis (30/5) malam.

Kemudian, Golkar juga memunculkan tiga kader internalnya sebagai sosok potensial di Pilgub Jakarta nanti, mereka adalah Ridwan Kamil, Ahmed Zaki Iskandar dan Erwin Aksa.

Sementara PAN, sempat memunculkan sejumlah nama untuk diusung di Jakarta, mulai dari Eko Patrio, Lula Kamal, hingga Zita Anjani. Mereka juga melirik kader PDIP Rano Karno.

Namun belakangan, PAN mendorong Zita untuk jadi calon wakil gubernur di Pilgub Jakarta 2024 nanti.

"Sebagai partai, PAN tentu memprioritaskan kadernya. Untuk DKI, kami mendorong dan memperjuangkan Mba Zita Anjani," kata Saleh lewat pesan singkat, Selasa (28/5).

NasDem mempertimbangkan sejumlah nama nan bakal mereka usung nanti. Mulai dari Anies Baswedan, Bendum Ahmad Sahroni, hingga Ketua DPW Jakarta Wibi Andrino.

Selanjutnya, DPW PKS Jakarta nan telah resmi mengusulkan Anies untuk diusung di Pilgub Jakarta nanti.

Namun, usulan ini tetap merupakan bunyi DPW PKS Jakarta. Keputusan akhir tetap menunggu hasil keputusan dari DPP PKS.

Kini, DPP PKS tetap mempertimbangkan usulan tersebut. Ketua DPP PKS, Ahmad Mabruri menyebut bakal ada sistem internal dari pengurus pusat untuk memutuskan usulan itu.

Kemudian, turut mencuat juga sosok Ketum PSI Kaesang Pangarep nan belakangan diisukan bakal maju. Kaesang sendiri menyatakan lebih memilih untuk maju berkontestasi di pilgub DKI Jakarta daripada di Pilwalkot Solo.

Anak bungsu dari Presiden Joko Widodo itu juga mengatakan ada kemungkinan bakal berduet dengan mantan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan.

"Mungkin duet sama Pak Anies kali ya, ya belum tentu Pak Anies mau," ujarnya.

Kaesang menyoroti posisi Anies nan juga merupakan salah satu rival sang kakak, Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024 nan belum terafiliasi dengan partai politik. Sementara PSI telah mempunyai delapan bangku di DPRD Jakarta.

(mnf/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional