Anindya Bakrie Geser Arsjad Rasjid Jadi Ketua Umum Kadin Indonesia Lewat Munaslub: Bukan Spesial Buat Saya Saja

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Anindya Novyan Bakrie resmi terpilih sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk periode 2024-2029. Pemilihan Anindya Bakrie dilakukan secara aklamasi dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Kadin nan diadakan pada Sabtu, 14 September 2024, di Hotel St. Regis, Jakarta Selatan.

Pemilihan Anindya Bakrie didukung 21 ketua Kadin wilayah dan 25 personil luar biasa Kadin Indonesia. Setelah terpilih, Anindya menyampaikan harapannya bahwa hasil Munaslub ini bakal meningkatkan hubungan nan lebih baik antara Kadin dan pemerintah, mengingat pentingnya peran Kadin sebagai mitra strategis pengusaha dan pemerintah.

“Hari ini bukanlah hari nan spesial buat saya saja, tapi juga spesial untuk mudah-mudahan ekonomi Indonesia,” kata Anindya Bakrie setelah keluar dari ruang sidang nan memenangkan dirinya.

Tak hanya melanjutkan masa kedudukan Arsjad Rasjid hingga 2026, peserta Munaslub menyepakati bahwa Anindya bakal memimpin Kadin untuk satu periode penuh, ialah dari 2024 hingga 2029. “Masa hormat nan ditetapkan oleh Munaslub adalah periode 2024-2029,” kata Nurdin Halid, Ketua Sidang Munaslub Kadin 2024.

Penolakan Laporan Arsjad

Selain memilih ketua baru, Munaslub 2024 juga secara resmi mendemisionerkan kepengurusan Arsjad Rasjid. Dalam sidang tersebut, para peserta sepakat menolak laporan pertanggungjawaban dari Arsjad dan kepengurusan sebelumnya.

Sebelumnya, 21 pengurus Kadin provinsi menolak penyelenggaraan Munaslub nan bermaksud menggantikan Arsjad Rasjid. Mereka menyatakan bahwa Munaslub tersebut tidak sesuai dengan ketentuan nan diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Kadin Indonesia.

Anindya Novyan Bakrie adalah seorang pengusaha dan tokoh publik Indonesia nan lahir pada 10 November 1974. Ia merupakan bagian dari family Bakrie, salah satu family pengusaha terkemuka di Indonesia. Anindya menjabat sebagai CEO Bakrie Global Ventura dan berkedudukan aktif dalam beragam bagian upaya nan dimiliki oleh golongan Bakrie, termasuk media, infrastruktur, dan energi.

Selain kiprahnya di bumi bisnis, Anindya juga aktif dalam organisasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin). Pada 2024, Anindya terpilih sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2024-2029 melalui Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub). Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan.

Iklan

Anindya merupakan lulusan Northwestern University, Amerika Serikat, dengan gelar Sarjana Teknik Industri, dan meraih gelar MBA dari Stanford Graduate School of Business. Dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman bisnisnya, Anindya dikenal sebagai figur nan mempunyai visi untuk memajukan ekonomi Indonesia melalui bumi upaya dan kerjasama strategis dengan pemerintah.

Profil Anindya Bakrie

Anindya Novyan Bakrie adalah seorang pengusaha Indonesia nan berkecimpung di sektor teknologi, media, telekomunikasi, dan kendaraan listrik. Dilansir dari beragam sumber, saat ini, dia merupakan pemilik klub sepakbola Inggris Oxford United berbareng Erick Thohir, serta menjabat sebagai Direktur Utama Bakrie Group, nan mengendalikan beragam perusahaan publik dengan total kapitalisasi pasar mencapai sekitar US $15 miliar. 

Putra Aburizal Bakrie juga merupakan pendiri dan CEO dari Visi Media Asia (VIVA) Group, nan mempunyai beberapa media krusial seperti stasiun televisi buletin dan olahraga tvOne, stasiun intermezo ANTV, serta portal buletin VIVA.co.id. Selain itu, Anindya telah memimpin Grup Bakrie untuk beranjak ke sektor daya baru dan terbarukan. Sebagian besar untung dari upaya batu bara grup tersebut diinvestasikan dalam proyek-proyek daya hijau dan beragam inisiatif transisi energi.

Selain terlibat dalam bisnis, Anindya juga mendirikan Bakrie Center Foundation, nan menjadi wadah bagi beragam aktivitas filantropi nan dia lakukan. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) dan pernah ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Direktur APEC Business Advisory Council (ABAC).

MICHELLE GABRIELA  | OYUK IVANI

Pilihan Editor: Dualisme Kadin Indonesia: Arsjad Rasjid dan Anindya bakrie Saling Klaim Paling Sah

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis