Anindya Bakrie jadi Ketua Umum Kadin Versi Munaslub, Arsjad Rasjid Bakal Buka-bukaan Siang Ini

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bakal menyatakan sikap atas terselenggaranya Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) pada Sabtu, 14 September kemarin. Munaslub tersebut menghasilkan Ketua Umum Kadin baru, ialah Anindya Bakrie nan mengganti Arsjad Rasjid. 

Dewan Pengurus Pengurus Kadin menilai Munaslub ini melanggar Anggaran Dasar dan Rumah Tangga (AD/ART). Acara ini bakal berjalan di Kantor Kadin Indonesia di Kuningan, Jakarta Selatan, pada Ahad, 15 September 2024 pukul 13.00.

“Mengabaikan syarat dan  ketentuan dalam AD/ART maupun Peraturan Organisasi Kadin Indonesia, Dewan Pengurus Kadin Indonesia menegaskan bahwa Munaslub tersebut tidak sah,” tulis Dewan Pengurus dalam undangan konvensi pers nan diterima Tempo pada Sabtu, 14 September 2024. 

Adapun, para Dewan Pengurus itu di antaranya Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid; Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Organisasi, Hukum, dan Komunikasi  Yukki Nugrahawan; Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM, dengan/atau Kuasa Hukum Kadin Indonesia Dhaniswara K. Harjono; Perwakilan Anggota Luar Biasa Kadin Indonesia; dan 21 Ketua Umum Kadin Provinsi. 

Para petinggi Kadin itu menganggap Munaslub ini tidak sah. Mereka menilai Munaslub ini juga bakal menakut-nakuti keselarasan organisasi nan juga sebagai mitra strategis pemerintah. “Mayoritas Kadin Provinsi juga telah menyatakan penolakannya terhadap Munaslub tersebut,” kata Dewan Pengurus dalam undangan pernyataan sikap atas Munaslub ini. 

Kemarin, berbusana kemeja putih lengan panjang, pengusaha Anindya Novyan Bakrie menerima dan mengibarkan bendera petaka Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Pria nan berkawan disapa Anin itu baru saja terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia melalui Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) nan digelar di Hotel St Regis, Jakarta Selatan, pada Sabtu, 14 September kemarin. 

“Terima kasih untuk kepercayaannya. Saya bakal sebarkan petaka ini dan panji-panji Kadin di seluruh tanah air,” kata Anin. 

Iklan

Peserta Munaslub nan berasal dari  21 Pimpinan Daerah dan 25 Anggota Luar Biasa juga meminta Anin memimpin asosiasi pengusaha berlambang Kuda Kuning Emas itu selama satu periode penuh namalain pada 2024-2029. Artinya, Anin tak hanya meneruskan sisa kepemimpinan Arsjad nan bakal paripurna pada 2026 mendatang. 

Hasil Munaslub ini otomatis mendongkel posisi Direktur Utama Indika Energy Arsjad Rasjid nan sebelumnya menjadi Ketua Umum Kadin periode 2021-2026. Arsjad ketika itu juga terpilih sebagai Ketua Umum Kadin setelah mengalahkan Anin di Munas VIII di Kendari, Sulawesi Selatan, pada Juni 2021.  

Putra dari konglomerat Aburizal Bakrie itu berambisi keputusan dalam Munaslub ini bisa membikin hubungan Kadin dengan pemerintah semakin baik. “Hari ini bukanlah hari nan spesial buat saya, tapi juga spesial untuk mudah-mudahan ekonomi Indonesia,” ucap Anindya Bakrie usai aktivitas itu kepada awak media.  

Oyuki Ivani Siagian berkontribusi dalam penulisan tulisan ini. 

Pilihan Editor: 21 Kadin Daerah Menolak Munaslub,: Tak Sesuai AD/ART

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis