Area Depan DPR Steril Massa Aksi, Kericuhan Pecah di Sekitar Senayan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 22 Agu 2024 20:20 WIB

Demonstran di depan gedung DPR sudah bubar. Namun, kerusuhan pecah di Slipi. Demonstran di depan gedung DPR sudah bubar. Namun, kerusuhan pecah di Slipi. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim)

Jakarta, CNN Indonesia --

Massa tindakan tolak revisi UU Pilkada telah membubarkan diri dari sekitar gedung DPR, Jakarta, Kamis (22/8) malam. Area depan gedung DPR sudah steril dari massa.

Pantauan CNNIndonesia.com pada pukul 19.45 WIB, sudah tidak terlihat massa di Jalan Gatot Subroto depan gedung DPR. Namun, puluhan abdi negara tetap terlihat berjaga di beberapa titik di depan gedung DPR.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Polisi sempat mendorong massa lewat akses pagar nan dijebol pada siang hari. Gas air mata beberapa kali ditembakkan, massa kemudian mundur.

Kendati sudah steril dari massa aksi, jalan di depan gedung DPR belum dibuka. Demikian pula ruas tol dalam kota di depan DPR.

Sementara itu, pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, kerusuhan pecah di sejumlah titik di area Senayan, Jakarta Pusat. Pagar beton pemisah jalan tol tampak terbakar. Ada pula halte nan terbakar di titik lain.

Aparat melontarkan tembakan gas air mata di depan gerbang Gedung DPR, Jalan Gatot Subroto arah Slipi. Dari arah massa tindakan juga tampak lemparan barang mengarah ke barisan polisi.

Aksi demonstrasi besar-besaran ini digelar buntut sikap pemerintah dan DPR nan menyetujui revisi UU Pilkada Nomor 10/2016. Rapat pembahasan itu hanya berjalan selama tujuh jam pada Rabu (21/8).

PDIP jadi satu-satunya fraksi di DPR nan menolak revisi UU Pilkada itu. Materi nan disepakati dalam pembahasan itu justru bertentangan dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang periode pemisah pencalonan kepala wilayah dan penghitungan syarat usia pasangan calon kepala daerah.

Pada Kamis ini, DPR sedianya mengagendakan rapat paripurna pengesahan RUU Pilkada. Namun, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad akhirnya menyatakan pengesahan RUU Pilkada dibatalkan.

(yoa/mnf/tfq/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional