Arsjad Rasjid Blak-blakan soal Munaslub Kadin: Penggiringan Opini TPN Ganjar-Mahfud hingga Berseberangan dengan Jokowi

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid blak-blakan bercerita soal penggiringan opini tentang dirinya telah berseberangan dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo alias Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Alasannya, Arsjad pernah menjadi Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md., pada Pilpres 2024. 

Direktur Indika Energy itu mengaku mendapat laporan dari kolega di Kadin dan pengurus wilayah nan menolak Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) pada Sabtu pekan lalu. “Saya rasa banyak persepsi nan dibuat dan diceritakan. Dikirim ke sana, ke sini. Saya melihatnya ini dipolitisasi,” kata Arsjad saat ditemui di Hotel JS Luwansa pada Ahad, 15 September 2024. 

Bagi Arsjad, opini itu keliru. Dia menyebut usai Pilpres 2024, dirinya berbareng Kadin telah berfokus untuk membantu pertumbuhan ekonomi. Arsjad menyebut Kadin sebagai mitra strategis pemerintah juga telah berbincang tentang upaya menumbuhkan ekonomi nasional bisa menyundul 8 persen. 

“Opini publik susah dikontrol,” kata Arsjad. 

Selain itu, Arsjad mengatakan dirinya selalu membedakan antara perseorangan sebagai Ketua Umum Kadin alias ketua TPN. Dia menyebut Kadin Indonesia merupakan asosiasi independen nan tak boleh dicampuri kepentingan politik. Atas dasar itu, kata Arsjad, dirinya juga mengusulkan libur sebagai Ketua Umum untuk memimpin TPN. 

Arsjad menyebut keputusannya libur pada 27 September 2023 itu juga telah disetujui oleh para pengurus Kadin di pusat dan daerah. Arsjad kembali menjabat sebagai ketua umum pada 21 Maret 2024 alias setelah Pilpres 2024 selesai dengan kemenangan oleh pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

“Waktu itu saya cuti. Saya berkonsultasi dengan kawan Kadin Daerah,” kata dia. 

Oleh lantaran itu, Arsjad mengatakan Munaslub ini bukan urusan politik, tapi sekadar kepentingan segelintir orang di dalam. “Tidak ada urusan politik. Apa nan terjadi itu perorangan dan segelintir orang,” kata dia. 

Dua Hari Menjelang Munaslub, Arsjad Masih Pimpin Rapat Kadin

Direktur Utama Indika Energy Arsjad Rasjid mengakui pada Rabu, 11 September 2024 alias dua hari sebelum mengapung rencana Munaslub, dia  masih memimpin rapat harian. Rapat nan dihadiri seluruh pengurus harian, wakil ketua umum koordinator, dan wakil ketua umum itu berjalan di ruangan Muchtar Riady, Menara Kadin, Jakarta Selatan, pukul 10.00 WIB. 

“Kemarin ada rapat PHT Kadin dan nyaris semua hadir. Kawan-kawan bicarakan program dan bekerja seperti biasa,” kata seorang pengurus Kadin nan enggan disebut namanya kepada Tempo, pada Jumat, 13 September 2024. 

Persamuhan petinggi Kadin itu tidak membahas rencana Munaslub nan bakal mengganti ketua umum. Seorang nan mengetahui jalannya rapat itu bercerita, pertemuan itu membicarakan ekonomi Indonesia agar bisa tumbuh mencapai 8 persen di era pemerintahan Prabowo Subianto. Kadin disebut bakal bahu-membahu membantu Prabowo untuk memastikan ekonomi tumbuh dan mencapai Indonesia emas 2045. 

Sumber ini mengaku keheranan andaikan rencana mendongkel Arsjad dari bangku ketua umum lantaran Direktur Utama Indika Energy itu pernah menjadi Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud Md., di Pilpres 2024.  “Semua keheranan. Ini betul-betul mau menghancurkan Kadin Indonesia nan ada satu, inklusif dan kolaboratif,” kata dia.

Selanjutnya: Arsjad Rasjid Surati Presiden Jokowi...

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis