Arsjad Rasjid Minta Bantuan Pemerintah Investigasi Kisruh Munaslub Kadin

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid meminta support pemerintah untuk menginvestigasi proses penyelenggaraan Musyawarah Nasional Luar Biasa alias Munaslub nan menetapkan Anindya Novyan Bakrie sebagai Ketua Umum.

“Makanya kami memohon kepada pemerintah untuk turun tangan untuk ikut serta dalam menyelesaikan,” ujar Arsjad saat ditemui di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta, Minggu, 15 September 2024.

Alasan meminta support pemerintah, Arsjad menyebut Kadin merupakan mitra strategis pemerintah. Dalam Undang-Undang Kadin, induk organisasi bumi upaya itu mempunyai kegunaan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan. Menurut dia, perihal itu tertulis secara tersurat di dalam undang-undang.

Ihwal status Kadin nan dia pimpin, dia mengatakan posisinya biasa-biasa saja. Justru dengan adanya Munaslub nan melahirkan ketua umum baru, dia menyebut bakal melaporkannya kepada pemerintah. “Saya katakan kita kudu berdiri dalam kontrks dari sisi undang-undang governance dari Kadin Indonesia,” katanya.

Ia mengatakan timnya bakal menginvestigasi proses penyelenggaraan Munaslub Kadin Indonesia nan terselenggara kemarin di Hotel St. Regis, Kuningan, Jakarta. Musyawarah itu menetapkan Anindya Novyan Bakrie sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2024–2029.

“Dewan Pengurus Kadin Indonesia sedang investigasi pemeriksaan dan pengkajian atas pelanggaran AD/ART (Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga),” ucapnya.

Iklan

Ia menjelaskan penyelenggaraan Munaslub itu melanggar AD/ART lantaran dilakukan secara banget mendadak tanpa proses-proses nan melihatkan Kadin-Kadin wilayah sebelumnya. Dia juga mengaku tak dilibatkan dalam proses pengajuan musyawarah itu.

Tak hanya itu, dia mengatakan penyelenggaraan Munaslub kudu disetujui oleh 50 persen plus satu dari Kadin daerah. Anindya menyatakan telah mengantongi bunyi 28 dari 35 Kadin daerah. Tapi menurut Arsjad, suara-suara itu tak absah lantaran tak diwakili secara langsung oleh ketua masing-masing daerah.

Dari hasil penyelidikan ini, Arsjad Rasjid meyakini bakal mengungkap bukti-bukti nan sah dan meyakinkan. Bukti-bukti itu dalam corak surat dan arsip tentang persiapan Munaslub nan menunjukkan keterlibatan perseorangan alias kelompok-kelompok dalam lingkup Kadin Indonesia.

Pilihan Editor: Dongkel Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid Lewat Munaslub, Anindya Bakrie Klaim Sesuai AD/ART

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis