Ayah-Anak Dilantik Bareng Jadi DPRD Jateng, Anak Jadi Anggota Termuda

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Ayah dan anak dilantik secara berbarengan menjadi personil Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah periode 2024-2029.

Pelantikan digelar dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Jateng, Semarang, Selasa (3/9) lalu.

Iskandar Zulkarnain (59) dan putranya, M Rizqi Iskandar Muda (22) adalah kader Partai Gerindra. Pada Pileg 2024, keduanya sama-sama berasal dari Daerah Pemilihan Jateng 13.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dapil Jateng 13 membawahi empat kabupaten/kota, ialah Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, dan Kabupaten Pemalang.

Setelah sah menjadi personil dewan, Rizqi nan kelahiran Batang, Jateng, 9 November 2002 kini tercatat sebagai legislator termuda di DPRD Jateng periode ini.

Ia mengungkap motivasinya menjadi personil majelis datang dari orang tuanya nan juga seorang politikus. 

"Kedua, memang saya sejak mini punya cita-cita masuk ke bagian politik. Bahkan, ketika saya SD ketika ditanyakan cita-citanya apa? Ingin jadi presiden," katanya.

Menjadi personil DPRD Jateng menjadi pengalaman politik pertama Rizqi. Namun, dengan latar belakang family politikus, dia mengaku tidak terlalu kaget

"Saya pasti kudu belajar menyesuaikan lagi, apalagi baru pertama di provinsi. Jadi, menyesuaikannya lebih dari sebelumnya. Pengalaman pertama dan ini amanah nan cukup besar, saya pasti kudu bisa menyesuaikan dengan baik," katanya.

Khusus untuk visi misi, Rizqi lebih menekankan pada pengembangan sumber daya manusia (SDM), khususnya di kalangan milenial dan generasi Z.

"Melihat usia saya, dan secara demografi tetap gen Z, saya berambisi bisa jadi jalur lintasan mereka, menyampaikan keinginan, kemauan, dan apa nan menjadi angan mereka," katanya.

Sementara itu, ayah Rizqi, Iskandar Zulkarnain nan juga dilantik sebagai personil DPRD Jateng berkata bakal turut membimbing anaknya untuk menjalankan apa nan sudah dipercayakan masyarakat.

"Saya sebagai pengurus partai dan orang tua bakal membina dan arahkan. Jadi DPR itu mendapat kepercayaan masyarakat, jangan sampai lupa itu. Ini regenerasi," katanya.

Berdasarkan hasil Pemilihan Umum 2024, PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memperoleh bunyi terbanyak di Jawa Tengah.

PDI Perjuangan meraup 27,5 persen (33 kursi) dan PKB 16,6 persen alias 20 kursi. Kemudian, disusul Gerindra dan Golkar dengan masing-masing mendapat 14,16 persen (17 kursi), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 11,6 persen (11 kursi).

Partai Demokrat meraih 5,83 persen (tujuh kursi), PPP 5 persen (6 kursi), PAN 3,3 persen (empat kursi), NasDem 2,5 persen alias tiga kursi, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 1,67 persen (dua kursi).

(Antara/wis)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional