Badung dan Komitmen Membangun Pariwisata Berkelanjutan

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Kabupaten Badung merupakan salah satu wilayah di Bali nan mempunyai beragam destinasi wisata. Beragam objek wisata, seperti pantai hingga desa budaya menjadi magnet para pelancong dalam negeri hingga mancanegara untuk berkunjung.

Pemerintah Kabupaten Badung berkomitmen untuk mencanangkan pariwisata berkepanjangan alias sustainable tourism di Pulau Dewata.

Sekretaris Daerah Kabupaten Badung Adi Arnawa menyebut pariwisata berkepanjangan merupakan konsep pengembangan pariwisata nan memperhitungkan sepenuhnya akibat ekonomi, sosial, dan lingkungan saat ini maupun masa depan. Dengan tetap memegang teguh nilai dan spirit budaya lokal Bali.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Salah satu lokasi wisata berbasis sustainable tourism di Badung, adalah Sangeh Monkey Forest.

Di sini visitor dapat memandang langsung kediaman alami dari ratusan monyet berbuntut panjang, sekaligus mengenal lingkungan alam nan masuk dalam area rimba lindung Bali.

Memiliki luas sekitar 10 hektar dengan udara nan sejuk, di Hutan Sangeh terdapat beragam jenis tanaman nan cukup langka. Seperti tanaman amplas, pule, pala, buni, cempaka kuning, dan tetap banyak lagi.

Sangeh Monkey Forest juga menjadi tempat suci bagi masyarakat Hindu di Bali. Terdapat dua pura di tengah rimba nan disakralkan, ialah Pura Melanting dan Pura Bukit Sari.

Sementara itu Kemenparekraf/Baparekraf mempunyai empat pilar konsentrasi nan dikembangkan. Di antaranya pengelolaan berkepanjangan (bisnis pariwisata), ekonomi berkepanjangan (sosio ekonomi) jangka panjang, keberlanjutan budaya (sustainable culture) nan kudu selalu dikembangkan dan dijaga, serta aspek lingkungan (environment sustainability).

Profil Kabupaten Badung

Kabupaten Badung adalah salah satu wilayah nan dinominasikan dalam CNN Indonesia Awards. arena penghargaan kedua nan digelar CNN Indonesia ini bakal berjalan pada 13 Mei 2024 di Bali.

Kabupaten Badung mempunyai 6 wilayah kecamatan, meliputi Kecamatan Kuta Selatan, Kecamatan Kuta, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Mengwi, Kecamatan Abiansemal, dan Kecamatan Petang. Terdapat juga 62 desa/kelurahan serta 12 desat adat.

Ibu kota Badung berada diMangapura. Kabupaten ini terletak membujur dari tengah hingga selatan Pulau Bali.Kabupaten Badung mempunyai luas wilayah sebesar 418,52 km².

Daerah Badung meliputi Kuta dan Nusa Dua, lokasi wisata nan terkenal di Bali. Pada akhir tahun 2023, jumlah masyarakat Badung sebanyak 530.226 jiwa.

Kabupaten Badung dulunya berjulukan Nambangan sebelum diganti oleh I Gusti Ngurah Made Pemecutan pada akhir abad ke-18.

Secara administratif, wilayah Kabupaten Badung berbatasan dengan beberapa wilayah kabupaten/kota di Bali, ialah bagian utara dengan Kabupaten Buleleng, timur dengan Kota Denpasar, Kabupaten Bangli, dan Kabupaten Gianyar, selatan dengan Samudera Hindia, serta barat dengan Kabupaten Tabanan.

Kabupaten Badung sekarang dipimpin oleh Bupati I Nyoman Giri Prasta dan Wakil Bupati I Ketut Suiasa.

(tim/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional