Bahlil Buka Peluang Anulir Calon Kepala Daerah Rekomendasi Airlangga

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 21 Agu 2024 15:08 WIB

Ketua Umum terpilih Partai Golkar Bahlil Lahadalia membuka kesempatan dirinya menganulir calon kepala wilayah nan direkomendasikan Airlangga Hartarto. Ketua Umum terpilih Partai Golkar Bahlil Lahadalia membuka kesempatan dirinya menganulir calon kepala wilayah nan direkomendasikan Airlangga Hartarto. (ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum terpilih Partai Golkar Bahlil Lahadalia membuka kesempatan dirinya menganulir alias merevisi calon kepala wilayah nan direkomendasikan ketua umum sebelumnya, Airlangga Hartarto.

Bahlil bakal mengkaji ulang perihal itu. Meski tak semuanya, namun beberapa nan dianggap tidak bagus bakal dia perbaiki.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Yang sudah bagus tidak diubah. nan belum bagus bakal dicek untuk dibuat bagus," kata Bahlil dalam bertemu pers usai dirinya terpilih sebagai Ketua Umum Partai Golkar di JCC, Jakarta, Rabu (21/8).

Dia menyebut Golkar sebagai partai dewasa dan karenanya dia tak bakal sekonyong-konyong mengubah keputusan nan dianggap sudah baik. Namun, jika memerlukan perbaikan, dia bakal mengecek ulang.

Lebih lanjut, Bahlil bilang Golkar di bawah kepemimpinannya menargetkan untuk menang minimal 60 persen pada pilkada mendatang. Bukan hanya pilkada, namun dalam Pemilu 2029 mendatang.

"Kita pingin bangku kita lebih banyak dan di pilkada ini kita juga mau menjadi nan terbaik dari setiap partai politik nan ada," kata Bahlil.

Bahlil resmi terpilih sebagai Ketua Umum Partai Golkar untuk periode 2024-2029 lewat hasil Munas XI Partai Golkar. Ia terpilih secara aklamasi setelah mengantongi 100 persen support pemilik kewenangan bunyi Munas mulai dari DPD tingkat satu dan dua, DPP, dan organisasi pendiri dan sayap partai Golkar.

Sementara itu, Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Plt Ketua Umum sebelumnya menegaskan rekomendasi calon kepala wilayah dari partainya di Pilkada 2024 belum ada satu pun nan final.

Menurut dia, semua keputusan bisa berubah selama belum ada penandatanganan surat B.1 KWK untuk didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). AGK mengatakan, keputusan final baru bakal diteken oleh ketua umum dan kepengurusan nan bakal datang setelah Munas.

"Berkaitan dengan penetapan cakada dan cawakada dari Partai Golkar, prosesnya sudah berjalan, saya sampaikan di sini bahwa penetapan nan fix itu belum ada satu pun," kata dia dalam bertemu pers Rapimnas Golkar di JCC, Selasa (20/8).

Golkar dalam kepemimpinan Airlangga Hartarto telah memberikan support kepada sejumlah calon kepala wilayah di Pilkada 2024 sampai akhirnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

Beberapa wilayah tersebut kebanyakan berada di tingkat kabupaten kota. Sementara, tingkat provinsi baru DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

(thr/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional