Bahlil Sebut Arsjad Rasjid dan Anindya Bakrie Bersahabat: Tapi Ada Tukang Goreng

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaMenteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia mengatakan dualisme dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia tak semestinya terjadi. Bahlil menyebut Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid dengan Ketua Umum Kadin hasil Munaslub Anindya Novyan Bakrie bersahabat. 

“Mereka berdua sahabat sebenarnya, tapi ada tukang goreng,” kata Bahlil dalam sebuah video nan diterima Tempo pada Jumat, 27 September 2024.  

Dalam video tersebut, Bahlil juga mengatakan Kadin Indonesia hanya satu. Bahlil Lahadalia mempertemukan Arsjad dan Anindya di rumah dinasnya pada Jumat, 27 September 2024. 

“Saya menjadi ahli makan bareng. Kadin satu, tidak boleh dua,” kata Bahlil. 

Di akhir video itu, Bahlil juga membujuk Arsjad dan Anindya untuk menyatakan jika Kadin tak boleh ada dualisme. 

Dua orang sumber Tempo di internal Kadin membenarkan video dan upaya rekonsiliasi antara Arsjad dengan Anindya. Mereka menyebut saat ini Kadin sedang menyiapkan skema untuk menggelar Musyawarah Nasional (Munas) sesuai AD/ART dalam waktu dekat untuk tetap menunjuk Arsjad Rasjid sebagai Ketua Umum dan Anindya sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Kadin. 

Sebelumnya, Arsjad dengan Anindya bentrok lantaran Munaslub nan digelar pada Sabtu, 14 September 2024. Dalam acara ini, Anindya ditunjuk sebagai Ketua Umum periode 2024-2029 menggantikan Arsjad. Adapun, Arsjad terpilih sebagai Ketua Umum pada Munas VIII di Kendari pada 2021 silam. 

Kubu Arsjad menuding Munaslub nan melengserkan Direktur Utama Indika Energy itu terlarangan lantaran menyalahi AD/ART. Sedangkan, kubu Anindya menyatakan Munaslub itu legal lantaran permintaan para ketua umum Kadin Daerah. 

Iklan

Kemarin, Anindya menanggapi kubu Arsjad nan meminta pengadilan membatalkan kepengurusannya. Dia mengatakan, permintaan itu sah-sah saja.

“Sekarang jika misalnya tentu ada pihak-pihak nan tidak puas dan itu saya rasa sah-sah saja, wajar-wajar saja dan sudah ada ranahnya,” ucap putra konglomerat Aburizal Bakrie itu saat ditemui Tempo di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Rabu, 25 September 2024.

Anindya mengatakan, Munaslub merupakan forum dan lembaga tertinggi Kadin Indonesia nan diusung oleh asosiasi dan Kadin-Kadin Provinsi. Menurut dia, mereka telah membentuk Steering Committee dan Organizing Committee dan membuahkan hasil nan sudah terlihat.

“Yang pasti dari kami di Kadin, kami konsentrasi berpikir ke depan. Dan tentu ada tim sendiri untuk mengurus segala macam hal-hal nan berangkaian dengan perbedaan persepsi,” katanya.

Han Revanda berkontribusi dalam penulisan tulisan ini. 

Pilihan Editor: Terkini Bisnis: Sebab Bandara IKN Dinilai Tak Layak untuk Penerbangan Komersil, Promo Tiket Kereta Api

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis