Banjir di Parigi Moutong Sulteng, Tiga Warga Tewas

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 23 Jun 2024 14:07 WIB

Banjir melanda Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah pada Minggu (23/6). Setidaknya tiga penduduk tewas akibat musibah tersebut. Banjir melanda Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah pada Minggu (23/6). Setidaknya tiga penduduk tewas akibat musibah tersebut. Ilustrasi. (BNPB Indonesia).

Jakarta, CNN Indonesia --

Banjir melanda Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah pada Minggu (23/6).

Banjir nan terjadi sejak pukul 04.38 WITA itu menewaskan tiga orang warga, dengan rincian satu orang dinyatakan meninggal dan dua orang lainnya lenyap terbawa arus banjir.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan tiga orang penduduk tersebut berasal dari Desa Sibalago.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain tiga orang tersebut, banjir nan terjadi di Desa Sienjo dan Desa Sibalago ini juga menyebabkan 120 kepala family lainnya terdampak

"Banjir dipicu oleh intensitas hujan nan tinggi di wilayah hulu Sungai Toribulu hingga menyebabkan sungai meluap," kata Abdul dalam keterangan tertulis nan diterima CNNIndonesia.com.

Akibat intensitas hujan nan tinggi ini. Luapan air di sungai cukup parah sehingga Desa Sibalago nan terletak di wilayah hulu sungai pun terimbas lupan air tersebut.

Air sungai nan bercampur lumpur apalagi menerjang pemukiman penduduk dan merusak satu unit jembatan penghubung desa.

"Akibatnya penduduk di Desa Sibalago terisolir," kata dia.

Laporan terbaru menyebut, saat ini beberapa penduduk Desa Sibalago juga terpaksa mengungsi di Balai Desa setempat. Beberapa rumah penduduk juga dilaporkan mengalami kerusakan berat akibat terjangan banjir.

Hingga siang ini, hujan dilaporkan sudah mulai reda dan ketinggian air sudah mulai surut. Tim campuran melaksanakan penanganan darurat berupa pemindahan penduduk nan terdampak serta operasi pencarian dan pertolongan pada korban nan dilaporkan hilang.

"Tim campuran kudu menyeberang aliran sungai demi mencapai Desa Sibalago," katanya.

Sementara itu, tim campuran juga tengah berupaya mencapai Desa Sienjo. Beberapa dusun di Desa Sienjo juga terisolir akibat akses jalan desa terdampak banjir dan tidak bisa dilewati kendaraan.

"Desa Sienjo merupakan wilayah dataran rendah di tepi laut nan pada kejadian banjir kali ini menjadi titik pertemuan genangan banjir dengan air laut pasang," kata Abdul.

(tst/sfr)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional