Bank Indonesia Solo Gelar Festival Syekaten 2024, Luncurkan Mal Solo Square sebagai Kawasan Zona KHAS

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Solo - Bank Indonesia (BI) Solo menyelenggarakan aktivitas tahunan Festival Syekaten (Syiar Ekonomi Syariah dan Pesantren) 2024 di atrium Mal Solo Square, Solo, Jawa Tengah, Jumat, 23 Agustus 2024. Gelaran Syekaten itu bakal berjalan hingga Minggu, 25 Agustus 2024.

Dalam seremoni pembukaan Festival Syekaten 2024 pada Jumat, juga diluncurkan Mal Solo Square sebagai Zona Kuliner Halal, Aman, dan Sehat (KHAS) pertama untuk area pusat perbelanjaan di Indonesia. Acara dihadiri oleh sejumlah kalangan di antaranya Wali Kota Solo Teguh Prakosa. 

Turut datang pada kesempatan itu adalah pejabat Plh. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Asisten Deputi Perlindungan dan Kemudahan Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Koordinator Sertifikasi Halal BPJPH Kementerian Agama.

Selain itu ada Direktur Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, Deputi Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dan segenap unsur Forkopimda, ketua lembaga vertikal, Himpunan Bisnis Pesantren dan pelaku upaya syariah se-Solo Raya.

Kepala Kantor Perwakilan BI Solo, Dwiyanto Cahyo Sumirat mengemukakan Festival Syekaten 2024 mengusung tema Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Pengembangan Ekonomi Syariah untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Solo Raya.

"Akselerasi pengembangan ekonomi syariah di wilayah Solo Raya serta launching Solo Square sebagai Zona KHAS pertama di area perbelanjaan ini menjadi komitmen pada Festival Syekaten tahun ini," ujar Dwiyanto dalam sambutannya di aktivitas pembukaan Festival Syekaten 2024.

Ia menyebut aktivitas itu merupakan langkah konkrit penerapan blueprint kebijakan ekonomi dan finansial syariah nan mempunyai 3 pilar strategi ialah penguatan ekosistem produk halal, penguatan finansial syariah, dan penguatan style hidup halal. 

Adapun mengenai peluncuran Solo Square sebagai area pusat perbelanjaan pertama di Indonesia nan telah mendapatkan predikat Zona KHAS, tujuannya tidak hanya merupakan upaya untuk memberikan agunan kehalalan atas produk makanan nan ada di Mal Solo Square, tetapi juga sebagai upaya untuk memperkuat pariwisata ramah muslim di Solo Raya nan mempunyai potensi besar untuk dikembangkan. 

Selanjutnya baca: Apresiasi unik oleh Menparekraf
  • 1
  • 2
  • Selanjutnya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis