Bank Tanah Beri Karpet Merah untuk Industri Sapi Perah, Siapkan Lahan di Sulawesi Tengah

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Salah satu area Hak Pengelolaan Lahan (HPL) Badan Bank Tanah di Lembah Napu, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah mulai disiapkan untuk letak industri sapi perah. Rencana investasi disebut bakal mendukung kebijakan di bagian peternakan dan program unggulan Prabowo, Makan Bergizi Gratis.

Deputi Bidang Perencanaan Strategis dan Pengadaan Tanah Badan Bank Tanah, Perdananto Aribowo berbareng Menteri Pertanian, Andi Amran, telah berjamu ke letak tersebut kemarin. “Dari sisi Badan Bank Tanah, kami siapkan karpet merah melalui penyediaan lahan dengan kriteria nan sangat baik untuk rencana investasi pembangunan industri sapi perah ini,” kata Perdananto melalui keterangan resmi, Kamis, 26 September 2024.

Ia menambahkan HPL Badan Bank Tanah nan berada di Lembah Napu, Kabupaten Poso memenuhi beberapa kriteria nan di butuhkan ialah status lahan dipastikan tidak bermasalah, prasarana jalur logistik memadai, dan letak geografis nan cukup terjangkau ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Badan Bank Tanah mempunyai aset persediaan lahan di Lembah Napu, Poso seluas 6.647 hektare. Dari luasan tersebut, seluas 1.550 hektare diklaim telah disediakan untuk reforma agraria. Lahan tersebut juga berada di atas ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut, sehingga dianggap cocok untuk peternakan, perkebunan, pertanian dan lainnya.

Iklan

Sekretaris Daerah Poso, Heningsih, menyampaikan pihaknya mendukung investasi nan bakal masuk di wilayah tersebut. Ia percaya masuknya penanammodal dapat membuka lapangan pekerjaan nan cukup besar. “Dalam rangka menyambut investasi nan masuk di wilayah kami, nan utama adalah agunan keamanan, sehingga penanammodal nan masuk tentunya bakal nyaman berinvestasi,“ ujarnya.

Ia mengatakan pemerintah wilayah Poso berbareng Badan Bank Tanah, terus berkoordinasi dan bekerja-sama dalam rangka mendukung percepatan penanganan dan investasi di wilayah Poso, khususnya Lembah Napu.

Pilihan Editor: Bank Tanah Menang atas Gugatan Klaim Lahan Bandara IKN

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis